Mobil123 dan Carmudi Bersinergi, Fokus pada 3 Hal Berikut Ini

Berita Otomotif

Mobil123 dan Carmudi Bersinergi, Fokus pada 3 Hal Berikut Ini

JAKARTA - Dua situs jual - beli mobil yang menjadi pemimpin pasar di Indonesia, Mobil123.com dan Carmudi.co.id, akan bersinergi di tiga sektor bisnis usai akusisi yang terjadi pada bulan kemarin.

Sekadar mengingatkan, pada 19 September 2019, iCar Asia sebagai induk perusahaan Mobil123.com mengumumkan akuisisi penuh Carmudi.co.id. Adapun nilainya mencapai 3 juta dollar AS (Rp 42,34 miliar).

iCar Asia, melalui keterangan resmi pada Senin (21/10/2019), mengumumkan perubahan jadwal penyelesaian dokumen dari 15 Oktober menjadi 31 Oktober mendatang. Revisi tersebut mengikuti proses regulasi di Indonesia.

Selanjutnya, korporasi yang berbasis di Malaysia tersebut membeberkan integrasi operasi Mobil123.com dengan Carmudi.co.id di tiga bidang inti bisnis. Pertama, media mobil baru (new car media) dan pengumpulan leads (calon pembeli mobil potensial) diharapkan akan terdongkrak berkat dari peningkatan jumlah pengunjung situs dan data dari platform gabungan.

Kedua, lima pusat penjualan fisik mobil Carmudi, yang disebut ‘Carsentro’, akan memfasilitasi transaksi dan komisi keuangan yang dapat dimanfaatkan di seluruh jaringan iCar Asia Indonesia. Terakhir, platform gabungan dari situs otomotif vertikal nomor satu dan dua untuk dealer mobil di Indonesia akan menciptakan peluang untuk mempromosikan produk secara silang dan dengan peluncuran iCar Suite ini akan menjadi sistem tunggal bagi dealer mobil untuk mengelola iklan, leads dan pengeluaran kredit di berbagai platform iCar Asia.

Bisnis gabungan Indonesia diharapkan dapat meningkatkan dua kali lipat pendapatan Indonesia iCar Asia, meningkatkan kontribusi Indonesia secara keseluruhan terhadap pendapatan Grup dari sekitar 12% menjadi 22%. Sinergi yang teridentifikasi diharapkan menghasilkan kombinasi bisnis titik impas Indonesia di tahun 2020 dan Grup masih berada di jalur yang tepat untuk break-rate EBITDA bulanan run-even pada akhir 2019.

Pembayaran dalam rangka akuisisi dilakukan dalam dua tahap. Pertama adalah 2 juta dollar AS (Rp 28,23 miliar) pada penyelesaian, dilanjutkan dengan 1 juta dollar AS (Rp 14,11 miliar) pada 15 Oktober 2020. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support