Siapa Pemegang Paten Otomotif Terbanyak di 2015?

Berita Otomotif

Siapa Pemegang Paten Otomotif Terbanyak di 2015?

JAKARTA - Jika paten adalah indikasi, Toyota Motor Corp bisa dianggap menjadi penguasa di pasar mobil hybrid, listrik, dan fuel cell. Di rentang 2011-2015, Toyota sudah memegang 9.807 paten.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Thomson Reuters terungkap kalau Toyota merupakan perusahaan otomotif paling rajin melakukan riset dan mengajukan paten. Data yang diperoleh dari survei tahunan Thomson Reuters terhadap kegiatan paten perusahaan di 12 industri.

Rival terdekatnya adalah Robert Bosch GmbH dan kesenjangan di antara mereka sangat besar. Bosch memperoleh 3.057 paten selama lima tahun yang sama, sementara Hyundai, Honda dan Nissan ada di posisi ketiga sampai kelima.

Artikel bersambung dibawah

Sedangkan bila dilihat dari paten tahun 2015, kembali Toyota tampak dominan. Paten Toyota mencapai 4.214 paten. Menariknya, posisi kedua ternyata dipegang oleh Hyundai dengan 2.469 paten. Sedangkan di bawahnya ada Bosch, Denso, dan Honda.

Posisi Hyundai ini cukup menarik karena data Pricewaterhouse menunjukkan kalau Volkswagen mengeluarkan US$15,3  miliar untuk riset dan pengembangan teknologi, sedangkan Toyota mengeluarkan dana hingga US$ 9.2 miliar. Jadi, Hyundai bisa tampil di muka tanpa perlu biaya besar.

"Ada beberapa teknologi yang bergerak cepat seperti Ponsel, di mana Anda melihat pergerakan yang cepat," kata analis Reuters, Bob Stembridge. "Tapi industri otomotif memiliki siklus sedikit lebih panjang (dalam hal inovasi). stabil," tambahnya. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual