Sepedamotor Tua ini Terjual Rp 12.3 Miliar

Berita Otomotif

Sepedamotor Tua ini Terjual Rp 12.3 Miliar

LAS VEGAS - Sepedamotor tua atau klasik Vincent Black Lightning buatan 1951 ini terjual nyaris $ 1 juta atau tepatnya $ 929 ribu sekitar Rp 12.3 miliar.

Seperti yang diberitakan Carscoops.com, rumah lelang Bonhams di Las Vegas melaporkan transaksi yang terjadi akhir pekan lalu ini. Sepedamotor klasik dan juga langka, hanya dibuat 30 unit dan yang otentik tersisa hanya 19 unit saja. 

Menurut sejarahnya, Vincent Black Lightning 1951 dianggap sebagai superbike pertama di dunia. Memiliki basis sebuah sepedamotor legenda Black Shadow. 

Di jamannya, Black Shadow tergolong sangat populer. Ini tak lain karena motor ini dapat dipacu sangat cepat waktu itu bahkan disebut yang tercepat di darat. Dan yang paling monumental kala itu dapat dipacu hingga 196 km/jam, berhasil melampau Jaguar XJ120 yang merupakan mobil tercepat.


Tidak puas dengan performa sebesar itu, para engineer di pabrik motor Inggris Vincent HRD mencoba meningkatkan performanya motor. Tenaga mesin ditingkatkan dari 55 hp ke 70 hp plus motor dipreteli dari 270 kg jadi 163 kg dan kemudian diberi nama Vincent Black Lightning.   

Tak hanya itu, sang pengendara, pembalap kenamaan asal Amerika Serikat kala itu Rollie Free juga mendapat sentuhan saat hendak mengendarainya. Demi memecahkan rekor kecepatan di Bonneville Salt Flat, Utah, ia harus menggunakan baju seminimal mungkin bak seorang perenang. 

Motor ini kemudian dipesan oleh Tony McAlpine dan dibawa ke Australia. Dan kemudian dikendarai Jack Ehret yang m khusus dan dibawa ke Australia dan kemudian memecahkan rekor dengan 227 km/jam. 

"Setelah apa yang dilakukan Free kemudian Ehret membuat sepedamotor ini menjadi penting dan menjadi salah satu yang diminati di seluruh dunia," jelas Ben Walker dari Bonhams.

Dengan raihan dan catatan sejarah ini, tak heran jika Vincent Black Lightning begitu diburu kolektor. Namun pihak Bonhams tidak menyangka harganya akan setinggi itu.

Terakhir, untuk  diketahui meski terjual Rp 12.3 miliar, tidak serta merta Vincent Black Lightning memecahkan rekor sepedamotor termahal di rumah lelang. Capaian tertinggi masih dipegang Harley-Davidson FLH 1976 Captain America yang dikendarai aktor Peter Fonda di film Easy Rider yang terjual Rp 15.7 miliar pada Oktober 2014. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual