Rosberg Raih Kemenangan di F1 Italia

Berita Otomotif

Rosberg Raih Kemenangan di F1 Italia

MONZA - Nico Rosberg kembali meraih poin penuh setelah menang di F1 Formula 1 Gran Premio Heineken d'Italia 2016. Dengan kemenangan ini, maka selisih poinnya dengan rekan satu timnya sekaligus pemuncak klasmen saat ini, Lewis Hamilton, menjadi hanya 2 poin. Hamilton sendiri harus puas dengan hanya duduk di posisi kedua.

Rosberg memang seakan tanpa tanding di Monza. Setelah Hamilton turun ke posisi 6 di tikungan pertama, Rosberg langsung melesat ke depan. Beruntung, Hamilton berhasil memperbaiki posisinya hingga finish di urutan kedua dengan selisih waktu mencapai 15 detik.  Posisi ketiga dan keempat berhasil diraih oleh pembalap Ferrari yaitu Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Menutup posisi 5 besar ada Daniel Rcciardo dari Red Bull.

Posisi keenam berhasil diraih oleh Vatteri Bottas dari Williams disusul oleh Max Verstappen dari Red Bull, Sergio Perez dari Force India, Filipe Massa dari Williams dan Nico Hulkenberg dari Force India menutup posisi 10 besar.

Rosberg sebenarnya start dari posisi kedua, namun Hamilton yang start dari posisi pertama tidak mampu mempertahankan posisinya. Rosberg pun langsung mengambil alih pimpinan sementara Hamilton langsung terseok di posisi keenam.

Rosberg melakukan dengan perfoma luar biasa, sama seperti yang dilakukannya pada F1 Belgia pekan lalu. Rosberg berhasil menjaga jarak dengan pembalap di belakangnya, sementara Hamilton berusaha keras untuk memperbaiki posisinya.

Mercedes melakukan strategi 1 stop untuk kedua mobil dengan dengan menggunakan ban soft di awal balapan dan ban medium untuk mengakhiri balapan. Strategi tersebut berbeda dengan Ferrari yang menggunakan stategi 2 stop dengan komposisi supersoft-supersoft-soft. Strategi ini terbilang berhasil memperbaiki jarak antara Vettel dengan Hamilton.

Raikkonen pun berhasil membuat beberapa fastest laps, namun Ia tidak bisa memperbaiki posisinya. Meski demikian, Raikkonen berhasil menjaga jarak cukup jauh dibanding Ricciardo yang harus berjuang keras mempertahankan posisinya dari kejaran Bottas.

Tak hanya Hamilton yang start buruk, Verstappen juga harus ikhlas posisinya mundur ke posisi 11. Ia pun terbilang sulit untuk memperbaiki posisinya, namun Ia harus puas dengan finish di urutan ketujuh setelah melewati Perez.

Insiden dalam seri kali ini pun terbilang sedikit namun insiden antara Jolyon Palmer dari Renault dan Filipe Nasr dari Sauber di tikungan kedua lap kedua menjadi sorotan. Selain keduanya gagal finis, Nasr juga harus terkena penalty 10 detik karena dianggap sebagai penyebab insiden. [Adi]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support