Rizieq Shihab Naik Pajero Sport B 1 FPI, Ini Biaya Pesan Pelat Nomor Cantik

Berita Otomotif

Rizieq Shihab Naik Pajero Sport B 1 FPI, Ini Biaya Pesan Pelat Nomor Cantik

JAKARTA – Habib Rizieq Shihab akhirnya kembali ke Indonesia. Dari Bandara Soekarno – Hatta, dia menaiki Mitsubishi Pajero Sport dengan pelat nomor khusus yang biayanya mahal.

Seperti banyak diberitakan, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu sampai di Indonesia pada (10/11/2020) pagi setelah tiga tahun berada di Arab Saudi. Dari Timur Tengah, Ia menumpang pesawat Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV816 sejak Senin (9/11/2020) malamnya.

Tol arah bandara tadi pagi sampai sempat macet total sepanjang 7 km karena banyaknya warga muslim yang ingin ikut menjemput dan menyambut Habib Rizieq. Setibanya di bandara, Habib Rizieq, berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, kemudian beriringan dengan para penjemputnya menuju Petamburan, Jakarta.

Habib Rizieq menaiki ‘mobil dinas’ FPI yang memang kerap ia pakai saat di Indonesia. Tak main – main, modelnya adalah Pajero Sport terkini yang dijual di Tanah Air.

Pelat nomor polisi kendaraan itu pun spesial, yaitu ‘B 1 FPI’. Habib Rizieq tampak beberapa kali membuka dan muncul dari Sunroof Pajero Sport putih tersebut selama iring – iringan menuju Petamburan, untuk menyapa para anggota dan simpatisan FPI.


Nomor polisi ‘cantik’ untuk kendaraan memang bisa dipesan. Akan tetapi, biayanya jauh lebih tinggi daripada nomor polisi acak.

Ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Berikut adalah biayanya pesan pelat nomor kendaraan cantik:

  • NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) 1 Digit
    - Tidak ada huruf di belakang angka Rp 20 juta
    - Ada huruf di belakang angka Rp 15 juta
  • NRKB 2 Digit
    - Tidak ada huruf di belakang angka Rp 15 juta
    - Ada huruf di belakang angka Rp 10 juta
  • NRKB 3 Digit
    - Tidak ada huruf di belakang angka Rp 10 juta
    - Ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta
  • NRKB 4 Digit
    - Tidak ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta
    - Ada huruf di belakang angka Rp 5 juta. [Xan/Ari]


Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar