Puncak Arus Balik Diperkirakan Baru Terjadi Akhir Pekan Nanti

Berita Otomotif

Puncak Arus Balik Diperkirakan Baru Terjadi Akhir Pekan Nanti

JAKARTA – Puncak arus balik diperkirakan baru akan terjadi pada akhir pekan ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Irjen Istiono, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri. Menurutnya, volume kendaraan yang melintas ke arah Jabodetabek baru mencapai 21.000 unit pada akhir pekan ini. Padahal biasanya jumlah kendaraan arus balik lebih dari angka tersebut.

“Untuk biasanya arus balik di atas 60 ribu kendaraan. Kita lihat nanti perkembangannya ke depan,” kata Istiono.

Berdasarkan statistik, Istiono mengatakan bahwa terjadi penurunan volume kendaraan yang signifikan pada arus balik lebaran 2021. Tercatat, volume kendaraan dari Jawa Tengah yang masuk Jabodetabek kali ini menurun sebesar 52 persen, dari Jabar menurun 56 persen, dan dari Sumatera menurun 73 persen.

Menurutnya, penurunan volume kendaraan yang memasuki wilayah DKI Jakarta dipengaruhi oleh banyak hal. Namun yang paling signifikan adalah kepatuhan Aparat Sipil Negara (ASN), TNI, Polri dan karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk tidak mudik.

Puncak Arus Balik Diperkirakan Baru Terjadi Akhir Pekan Nanti

Sebelumnya, Korlantas Polri memperketat pemeriksaan setiap kendaraan yang memasuki wilayah Jabodetabek pada arus balik lebaran 2021. Salah satunya dengan mendirikan 109 pos pemeriksaan untuk menggelar tes antigen secara acak. Bila hasil tes tersebut reaktif maka pemudik tersebut akan langsung diarahkan menunju Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran.

Untuk itu, pihak Kepolisian menyarankan kepada para pemudik yang hendak balik ke Jakarta untuk melakukan test swab antigen sebelum melakukan perjalanan. Dengan demikian maka ketika tiba di pos penyekatan, pemudik tinggal menunjukkan surat bebas Covid-19 dan akan dipersilahkan melanjutkan perjalanan.

Tak hanya itu, Kepolisian Republik Indonesia juga resmi memperpanjang sanksi putar balik kendaraan pemudik hingga 24 Mei 2021. Padahal seharusnya sanksi ini berakhir pada 17 Mei 2021 yang bertepatan dengan berakhirnya Operasi Ketupat 2021. Sanksi putar balik tersebut akan dilakukan oleh pihak Kepolisian dalam gelaran Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

Dengan langkah ini diharapkan bisa menekan risiko penularan Covid-19 yang dikhawatirkan akan melonjak di setelah libur Lebaran. [Adi/Had]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar