Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pilihan Motor Listrik Murah Polytron, Desainnya Mirip Yamaha Nmax!

Panduan Pembeli

Pilihan Motor Listrik Murah Polytron, Desainnya Mirip Yamaha Nmax!

Polytron sekarang tidak hanya menjual barang-barang elektronik untuk rumah tangga. Perusahaan asli Indonesia ini juga merambah pasar sepeda motor listrik, dengan harga yang murah plus desain yang mirip Yamaha Nmax.

Dahulu, Polytron mungkin dikenal sebagai merek televisi (TV), audio, kulkas, dispenser, mesin cuci, AC (AC/pendingin ruangan), air fryer (alat masak tanpa minyak), hingga air purifier (penyaring udara).

Akan tetapi, sejak 2021, Polytron ikut menjajal pasar otomotif. Mereka menjual kendaraan ramah lingkungan melalui beragam model motor listrik.

Polytron Fox R

Pasar motor listrik sendiri awalnya diramaikan oleh merek-merek asal China dan Indonesia. Namun, kini pemain besar seperti Honda pun sudah mulai masuk dan menjual motor listrik.

Polytron, menurut penelusuran dari berbagai sumber, memperlihatkan keseriusan di pasar motor listrik dengan mendirikan dan mengoperasikan pabrik berkapasitas 12 ribu unit per tahun yang bisa ditingkatkan lagi menjadi 36 ribu unit per tahun.

Pabrik motor listrik Polytron berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) motor listrik Polytron juga diperhatikan. Bahkan, Berkat itu, mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi sebesar Rp7 juta dari pemerintah, sehingga harganya makin murah.

Lantas, apa saja model-model motor listrik murah Polytron yang sudah dan akan hadir di Indonesia? Simak ulasannya dalam artikel kali ini yang juga disertai oleh harga dan detail spesifikasi.

Daftar Motor Listrik Polytron dan Harga Masing-masing Model

Polytron Fox S

Sejauh ini, Polytron telah ‘melepas’ dua model motor listrik ke pasar Tanah Air.

Polytron Fox R

Pertama adalah Polytron Fox R yang mengaspal dalam Indonesia Motorcycle Show (IIMS) 2022.

Sejak 2023, Fox R tercantum dalam daftar model penerima subsidi Rp7 juta pemerintah di situs Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Roda Dua (SISAPIRa). Alhasil, motor listrik ini di Ibu Kota bisa dibeli cuma dengan modal Rp13 jutaan.

Berikut adalah harga on the road (OTR) Jakartanya per Februari 2024:

  • Fox R Rp13,5 juta (tanpa subsidi Rp20,5 juta)

Polytron Fox S

Pada 2024, tepatnya di bulan pertama, model motor listrik kedua Polytron mengaspal.

Bertajuk Polytron Fox S, ‘kuda besi’ itu terpantau dalam situs SISAPIRA sebagai salah satu model penerima subsidi Rp7 juta dari pemerintah, sehingga harganya mungkin terlihat makin menggiurkan bagi sebagian orang. Berikut adalah harga OTR Jakarta dari Polytron Fox S:

  • Fox S Rp11,5 juta (tanpa subsidi Rp18,5 juta)

Spesifikasi Motor Listrik Polytron

Polytron Fox R

Setelah mengetahui harga, saatnya kita mengulas mengenai spesifikasi dari dua motor listrik Polytron. Meski punya serangkaian perbedaan, tak dapat dimungkiri kalau desain Fox R dan Fox S sendiri sama-sama mengingatkan pada model-model skutik Maxi Yamaha seperti Nmax.

Spesifikasi Polytron Fox R

Polytron membekali Fox R sebuah motor penggerak berkekuatan 3.000 watt, dengan baterai lithium ion 3,7 kWh. Waktu pengisian daya baterai membutuhkan waktu 4,5-5 jam dari kapasitas 0 persen hingga 100 persen.

Jarak tempuhnya diklaim bisa sampai 130 km jika pengendara mematok kecepatan rata-rata di 40 km per jam. Sayang, kecepatan tertinggi Fox R hanya 95 km per jam yang mungkin terbilang kurang untuk sebagian orang.

Fox R memiliki bodi dengan panjang 2.000 mm, lebar 735 mm, dan tinggi 1.170 mm. Peleknya berukuran 13 inci, dengan ban bertapak lebar (110/70 depan dan 130/70 belakang).

Kedua roda sudah menggunakan rem cakram. Kaki depan mengandalkan suspensi teleskopik, sedangkan kaki belakangnya menggunakan shockbreaker ganda.

Contoh fitur Fox R ialah LED Lamps, Day-time Running Light (DRL), Smart Key System, Reverse Gear Button, Digital Speedometer, Smartphone Connection.

Spesifikasi Polytron Fox S

Dimensi Fox S lebih kecil ketimbang Fox R. Panjangnya 1.950 mm, dengan lebar serta tinggi masing-masing 810 mm dan 1.200 mm.

Kapasitas baterai lithium ion Fox S 1,94 kWh. Motor penggeraknya mempunyai spesifikasi sama dengan Fox R, dengan daya 3.000 watt.

Perpaduan keduanya menghasilkan jarak tempuh 70 km. Sementara itu, kecepatan puncaknya hanya 80 km per jam.

Total waktu yang diperlukan untuk mengecas baterai Fox S ialah 5 jam. Sistem pengecasan cepat (fast charging) yang diciptakan Polytron membuat pengisian baterai 1 menit bisa menghasilkan jarak sampai 2 km.

Rem depan-belakang telah menggunakan cakram, dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang dual shock dual swing arm. Ukuran pelek dan ban Fox S sama persis dengan Fox R.

Windshield Fox S lebih pendek dibandingkan Fox R. Kemudian, peleknya juga berwarna dual-tone, bukan single-tone seperti Fox R.

Polytron T-Rex Kabarnya Bersiap Diluncurkan pada 2024

Polytron T-Rex

Polytron masih punya satu model motor listrik lagi dalam antrean. Namanya ialah Polytron T-Rex.

Sebenarnya, T-Rex sudah diperlihatkan dalam IMOS 2022. Namun, ketika itu, Polytron belum membuka pemesanan dan penjualan untuknya.

Motor listrik T-Rex dilaporkan meluncur tak lama lagi, tepatnya pada semester satu 2024.

Bicara spesifikasi, T-Rex mengusung dua baterai lithium ion berkapasitas masing-masing 3,75 kWh. Kombinasi kekuatan dari keduanya mampu menyuplai energi untuk jarak tempuh hingga 210 km.

Soal performa, T-Rex punya gelontoran tenaga maupun torsi yang digadang-gadang setara motor-motor 250 cc, bermodalkan dinamo 5 kW. Adapun kecepatan maksimumnya dapat menyentuh 130 km per jam.

Jika demikian, patut diduga bahwa T-Rex akan menjadi motor listrik Polytron termahal. Sebagai gambaran saja, harga skutik-skutik touring 250 cc berada di atas Rp50 juta.

Fitur-fitur T-Rex antara lain ialah 3 Drive Mode, Smart Key, Digital Speedometer, Smartphone Connectivity, LED Lamps, Anti-theft System.

Patut ditunggu, apakah T-Rex masuk dalam daftar motor listrik penerima subsidi. Jika ya, tentunya banderolnya berpotensi cukup menarik.

Kesimpulan

Polytron Fox S

Polytron tak mau ketinggalan ‘menikmati’ era kendaraan listrik yang masuk ke Indonesia sejak 2019, setelah Presiden Joko Widodo meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 berisikan insentif kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Jokowi—sapaan akrab Joko Widodo—sendiri merevisinya pada tahun lalu, lewat Perpres Nomor 79 Tahun 2023.

Sejak 2022, Polytron telah merilis dua model motor listrik dengan konsep desain skutik touring mirip keluarga Nmax. Keduanya bahkan telah mampu menangguk subsidi pemerintah, sehingga harganya yang sudah relatif murah menjadi makin terjangkau lagi.

Bahkan, pada 2024, Polytron masih bersiap melepas satu lagi motor listrik setara skutik 250 cc bernama T-Rex. [Xan/YS]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang