Pahami Aturan Membawa Barang di Atap Mobil

Panduan Pembeli

Pahami Aturan Membawa Barang di Atap Mobil

JAKARTA – Melakukan perjalanan mudik identik dengan membawa buah tangan untuk sanak-saudara di kampung halaman.

Namun karena keterbatasan ruang dalam kabin, para pemudik acapkali menempatkan barang bawaan mereka di atap kendaraan. Roofbox atau mengikat manual barang di atap mobil menjadi pilihan.

Sejatinya, menambahkan beban di atap kendaraan sangat beresiko mengurangi tingkat keselamatan berkendara. Hal ini dikarenakan keseimbangan kendaraan akan terganggu. Jika menaruh barang bawaan di atap kendaraan tidak terhindarkan, diperlukan teknik tersendiri agar mampu mengurangi risiko.

Sony Susmana, Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menjelaskan teknnik untuk menempatkan barang-barang di atap mobil. Meski dirinya tetap tidak merekomendasikan, namun beberapa tips diyakini dapat meminimalisir kecelakaan.

“Saya tidak menyarankan untuk membawa barang di atap mobil. Tapi jika tidak bisa dihindari, sebaiknya susunan barang diatur kembali sesuai bobot yang paling berat. Barang paling berat harus berada paling bawah dan tengah,” ujar Sony.

Menurutnya hal tersebut diterapkan agar center of gravity dari kendaraan tidak berpindah. Pria berkacamata tersebut juga menjelaskan bahwa semua barang bawaan harus diikat dengan kencang dan benar.

“Barang yang akan ditaruh di atap mobil harus terikat dengan kencang dan benar. Tujuannya supaya tidak bergerak-gerak saat mobil berjalan dan mencegah barang terlempar ketika Anda mengerem mendadak,” cetusnya.

Dengan menambah beban di atap kendaraan, tentunya akan mengurangi kenyamanan berkendara. Sony menyarankan para pelaku mudik mengurangi kecepatan terutama pada saat melahap tikungan. Mobil yang memboyong barang bawaan berlebih tentunya akan lebih sulit untuk dihentikan. [Dew/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support