NGK Ajak Komunitas Kijang Belajar Seluk-Beluk Busi

Berita Otomotif

NGK Ajak Komunitas Kijang Belajar Seluk-Beluk Busi

JAKARTA – NGK Busi indonesia mengajak pelanggan setianya yang tergabung dalam Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) dan Kijang Kapsul Club Indonesia (KKCI), untuk mempelajari seluk-beluk mengenai busi.

Kedua komunitas MPV Toyota tersebut berkunjung ke kantor NGK di wilayah Ciracas, Jakarta Timur, untuk mendengarkan paparan dari Technical Support produsen busi asal Jepang tersebut. Pada kesempatan ini, Hisato Kato selaku Presiden Director PT NGK Busi Indonesia Shiro Ito, Technical Support NGK turut hadir.

Melalui Diko Oktaviano, Technical Support NGK Indonesia, bertugas untuk menjelaskan cara membaca kondisi busi, serta mengetahui cara merawat busi hingga mengetahui apa yang harus dilakukan pemiliknya.

Acara ini sendiri terbagi dalam dua sesi yakni teori dan praktek. Pada sesi pertama, para member komunitas banyak yang mengajukan pertanyaan terkait pemakaian dan modifikasi pada busi. Sementara dalam sesi praktek, peserta diperlihatkan kondisi-kondisi yang umumnya dialami oleh perangkat kecil pada ruang bakar kendaraan.

Pihak NGK menjelaskan tanda-tanda noda pada insulator, warna elektroda yang menghitam maupun endapan karbon dengan tanda guratan-guratan. Peserta juga mendapatkan edukasi mengenai cara membaca tanda kerusakan pada mesin melalui busi.

“Acara kali ini berbeda dari kunjungan pabrik seperti biasanya. Para peserta diminta untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang busi NGK. Spesialnya pada saat praktek, para pencinta Toyota Kijang ini kami berikan busi NGK tipe Precious Metal,” ujar Diko.

Selain mempelajari cara membaca kondisi busi, mereka juga mendapatkan arahan tentang cara memasang dan melepas busi dengan baik. Meskipun terlihat sepele, namun dikatakan jika terdapat kesalahan dapat menimbulkan masalah pada mesin.

“Pada saat praktek, tim NGK juga sharing tata cara membuka dan memsang busi dengan benar. Misalnya jika melepas busi yang tidak terpasang dengan benar, maka insulator akan patah kemudian patahannya masuk ke dalam ruang bakar,” lanjut Diko.

Ia juga menjelaskan bahwa pemasangan busi yang tidak benar dapat membuat pengapian tidak maksimal. Lebih jauh kesalahan tersebut bisa mengakibatkan kendaraan susah untuk dihidupkan. Acara ini ditutup dengan sesi foto bersama peserta dan jajaran manajemen NGK. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.

Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual