Ngeri, Daihatsu bakal Lebih Serius Kembangkan Model Baru untuk Indonesia!

Berita Otomotif

Ngeri, Daihatsu bakal Lebih Serius Kembangkan Model Baru untuk Indonesia!

OSAKA – Daihatsu bakal lebih agresif membesarkan penjualan di negara – negara berkembang, khususnya Malaysia dan Indonesia. Untuk itu, mereka akan membuat dan meluncurkan lebih banyak model baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar setempat.

Daihatsu Motor Company, seperti dilaporkan Nikkei Asian Review beberapa waktu lalu, menganggap negara – negara berkembang di Asia Tenggara penting bagi pengembangan bisnis mereka pada masa mendatang. Malaysia dan Indonesia disebut – sebut sebagai ‘target operasi’ awal.

Pabrikan asal Jepang ini mengaku bakal melepas total 10 model baru di negara – negara berkembang region tersebut hingga 2025. Sayang, tidak dijelaskan secara spesifik berapa di antaranya yang kelak dijual di Indonesia.

Daihatsu bakal mengandalkan metode produksi termutakhir yang membuat mereka mampu mengembangkan serta menciptakan mobil dengan biaya rendah, dalam waktu relatif singkat. Dengan begitu, mereka dapat menghadirkan mobil yang sesuai kebutuhan pasar untuk masing – masing negara.

Daihatsu Rocky 1.0 turbo

Salah satu ‘senjata’ mereka dalam melakukan produksi yang efisien dan cepat adalah platform baru DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Platform ini sudah digunakan oleh Rocky, SUV murah yang menjalani debut global di Jepang pada 2019 kemudian meluncur di Malaysia dan Indonesia pada Maret serta April 2021.

Hingga kini, peran Daihatsu di luar Jepang masih sebagai penyokong perakitan produk – produk Toyota yang berbagi platform dengan Daihatsu. Selain merakit mobil Toyota untuk pasar domestik, Daihatsu juga mengekspor atas nama Toyota.

Kolaborasi ini makin erat setelah pada 2017, Toyota dan Daihatsu membentuk semacam perusahaan virtual yang bertujuan mempererat pengembangan, pengadaan, dan produksi mobil compact kedua pabrikan untuk negara – negara berkembang. Platform DNGA milik Rocky pun digunakan pada SUV murah terbaru dari kubu Toyota yakni Raize.

eksterior Daihatsu Rocky turbo

Pada 2019, produksi Daihatsu di luar Jepang mencapai 520 ribu unit atau meningkat 65 persen dibanding dibandingkan 2014. Akan tetapi, penjualan mobil bermerek Daihatsu di luar Jepang turun 14 persen menjadi 180 ribu unit.

Ini artinya Daihatsu mengekspor 340 ribu unit ke negara – negara berkembang dengan merek Toyota.

“Kami akan tetap mengekspor mobil – mobil murah (yang diproduksi di luar Jepang—Red) untuk mengisi saluran penjualan Toyota. Tetapi kami juga akan mengeset saluran penjualan lokal kami sendiri untuk meningkatkan penjualan,” ucap eksekutif Daihatsu tersebut. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar