Moeldoko Tegaskan Komponen Lokal Bus MAB Terus Ditingkatkan

Berita Otomotif

Moeldoko Tegaskan Komponen Lokal Bus MAB Terus Ditingkatkan

JAKARTA – Bus dari PT Mobil Anak Bangsa bisa memiliki konten lokal hingga 80% bila di Indonesia sudah tersedia pabrik baterai.

Hal ini disampaikan oleh Moeldoko, pemilik PT MAB sekaligus Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia. Ia mengatakan bahwa saat ini komponen lokal dari bus PT MAB memang baru mencapai 40% dan masih terus ditingkatkan.

“Kita udah 40% dan terus ditingkatkan. Bila nantu baterai listrik sudah bisa diproduksi secara lokal, wah itu kira-kira sudah bisa hingga 80% konten lokalnya,” terangnya di sela-sela penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.

Sayangnya Ia tidak bisa menyampaikan kapan pencapaian kontel lokal dapat mencapai 80%. Hal ini dikarenakan Pemerintah Indonesia masih terus mengundang investor agar mau membangun pabrik baterai kendaraan di Tanah Air.

“Pabrik baterai belum bisa kami ukur (kapan pembangunannya), tapi kalau kata pak Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bisa tiga atau empat tahun ke depan. Ya tiga tahunlah bisa ada (pabrik) baterai listrik di Indonesia, luar biasa itu,” terangnya.

Moeldoko

Ia pun menambahkan bahwa bahwa pihaknya saat ini tengah mempersiapkan diri untuk menjawab kebutuhan pasar di masa depan. Pasalnya, Pemerintah akan melakukan transisi kendaraan angkutan publik dari yang sebelumnya menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi listrik. Transisi ini dinilai sebagai kesempatan emas untuk bisa bersaing.

“Untuk strategi ke depannya, ada kebijakan Pemerintah untuk melakukan transisi angkutan publik secara bertahap. Nah kebijakan tersebut kami respon dan diantisipasi. Ini agar nanti kami tidak ketinggalan. Sekarang sudah kami tata semua untuk menunju ke sana,” tambahnya kemudian.

PT MAB adalah perusahaan yang memproduksi bus listrik di Indonesia dan pertama kali dikenalkan pada tahun 2018 silam. Bus tersebut menyandang baterai lithium-ion 12 pack 576 V 450 Ah dengan kapasitas 259,2 KwH. Bobot baterai mencapai 2290 kg. Tenaga dari baterai disalurkan ke motor penggerak Permanent Magnetic Synchronous Motor (PMSM) bertenaga 200 kw atau setara dengan 268hp. Sementara itu, torsinya ialah 2.400 Nm.

Bus diklaim memiliki jarak tempuh 200-250 km di perkotaan. MAB menjanjikan akan membantu menyediakan stasiun pengisian daya di titik-titik yang diinginkan oleh konsumen korporasi.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar