Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Listrik Toyota bZ4X Tampil Perdana di Indonesia!

Berita Otomotif

Mobil Listrik Toyota bZ4X Tampil Perdana di Indonesia!

TANGERANG - Mobil listrik Toyota bZ4X akhirnya menjalani debut di Indonesia.

Sport utility vehicle (SUV) nihil emisi gas buang itu diperkenalkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus di Serpong, Tangerang. Meski begitu, 'saudara' satu platform dari Subaru Solterra ini baru dipamerkan dan belum dijual.

bZ4X sendiri awalnya masuk kandidat kendaraan resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali dari Toyota yang dijadwalkan berlangsung pada November 2022. Kendati begitu, keputusan akhirnya jatuh kepada mobil listrik mewah Lexus UX 300e.

Ada 143 unit yang akan ditumpangi para delegasi dari berbagai negara di 'Pulau Dewata' nanti.

"G20 bukan ajang nasional, tapi sudah internasional. Jadi kami juga dengan bangga (berpartisipasi) dan juga saya rasa memang sudah waktunya era elektrifikasi Toyota ini kami tunjukkan lewat G20," jelas Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy dalam wawancara pada hari pertama GIIAS 2022, Kamis (11/8/2022).

Sayangnya, menurut dia, Toyota belum memutuskan untuk meluncurkan serta menjual bZ4X di Tanah Air. Mereka masih terus mendiskusikannya secara internal.

"bZ4X dalam pameran ini sifatnya display (pajangan), ya. Tapi, ke depannya tentu saja kami sudah bicara dengan prinsipal. Ke depannya kami akan pelajari terus untuk diluncurkan," tandasnya.

Lebih lanjut, Vice President TAM Henry Tanoto menjelaskan Toyota hadir di GIIAS 2022 dengan membawa tiga merek yakni Toyota, Lexus, serta Gazoo Racing (GR) Sport. Di antara model-model yang dipajang, ada yang mengusung sistem penggerak listrik.

Toyota, tambahnya, memasuki era elektrifikasi di Indonesia dengan strategi Multi Pathway. Artinya, mereka tidak hanya fokus pada teknologi tertentu, tapi akan melakukan diversifikasi produk ramah lingkungan.

"Melalui strategi Multi Pathway, Toyota telah meluncurkan 11 model elektrifikasi dengan pilihan teknologi lengkap. Tidak hanya hybrid, tapi juga plug-in hybrid (PHEV) dan battery electric vehicle (BEV/mobil listrik murni) sehingga lengkap sesuai kebutuhan masyarakat," pungkasnya.

Sejauh ini, model-model mobil listrik murni Grup Toyota masih mengusung merek Lexus. Tapi, kondisi ini tak akan berlangsung terus-menerus.

"Kami berencana untuk memperkenalkan model Battery EV dengan brand Toyota, termasuk kehadiran bZ4X di Indonesia sebagai langkah awal kami untuk mengembangkan pilihan BEV menjadi lebih banyak ke depannya," tutup Henry. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang