Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Listrik Kolaborasi Subaru-Toyota Berpeluang Dijual di Indonesia! Kapan?

Berita Otomotif

Mobil Listrik Kolaborasi Subaru-Toyota Berpeluang Dijual di Indonesia! Kapan?

JAKARTA - Subaru tak membantah adanya peluang menjual Solterra, mobil listrik hasil kolaborasi dengan Toyota, di Indonesia pada masa mendatang.

Chief Operating Officer PT. Plaza Auto Mega Arie Christopher mengakui, mereka selaku agen pemegang merek (APM) terkini Subaru di Indonesia sempat membicarakan perihal penjualan mobil listrik dengan prinsipal di Jepang.

Tapi, realisasinya dipastikan tidak akan terjadi dalam jangka pendek atau jangka menengah.

“Kami sudah ada pembicaraan juga dengan Subaru Corporation Jepang, memang, untuk EV (electric vehicle/mobil listrik),” ucap Arie dalam konferensi pers virtual pada 9 Februari 2022 lalu.

“Jadi, untuk EV kami yaitu Solterra dalam jangka panjang memang kami ada arah untuk membawa mobil tersebut ke Indonesia. Tapi, dalam jangka waktu dekat memang belum ada rencana,” lanjut dia lagi.

Solterra, menurut penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, menjalani debut global (world premiere) pada November 2021. Model ini merupakan SUV listrik pertama Subaru di dunia.

Solterra dikembangkan oleh Subaru bersama-sama dengan perusahaan induk mereka, Toyota. Tak mengherankan jika Solterra berbagi platform dengan SUV listrik Toyota bZ4X.

Selain nihil emisi gas buang, Solterra antara lain dipersenjatai versi terbaru dari sistem penggerak empat roda Subaru Symmetrical All-Wheel Drive.

Ada pula Subaru StarDrive Technology yang salah satu tugasnya mengatur torsi mumpuni untuk kendaraan di setiap kecepatan. Jarak tempuh Solterra versi pasar Eropa diklaim bisa mencapai sekitar 400 km.

Lebih lanjut, Subaru di Indonesia memilih fokus terlebih dahulu ke model-mobil bermesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE), setelah absen lama sejak 2014 karena tersandung masalah hukum.

Peluncuran model pertama Subaru di bawah APM baru dijadwalkan berlangsung pada kuartal kedua 2022.

Arie membocorkan kalau model-model yang pastinya mereka bawa antara lain akan bertarung di segmen yang sama dengan Honda HR-V (medium sport utility vehicle/SUV lima penumpang), juga Toyota Fortuner (high SUV tujuh penumpang).

Tidak jelas apakah salah satu di antaranya yang meluncur pada kuartal kedua mendatang. Satu yang pasti, semua model Subaru yang dijual di ‘era’ baru ini merupakan impor utuh (Completely Built Up/CBU) Jepang.

Adapun pembentukan pasar mobil listrik di Indonesia, di sisi lain, Arie nilai masih cukup makan waktu.

“Kami menganggap shifting (pergeseran) dari ICE ke EV itu tidak bisa terlalu cepat atau terlalu singkat,” pungkas dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang