Mobil Di Bawah 1.300 cc Haram Jadi Taksi Online

Berita Otomotif

Mobil Di Bawah 1.300 cc Haram Jadi Taksi Online

JAKARTA – Aturan tidak boleh digunakannya mobil di bawah 1.300 cc untuk taksi online telah diterbitkan.

Dasar aturan ini ada di dalam peraturan Menteri Perhubungan nomer 32 tahun 2016 tentang penyelenggaraan aturan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek. Dijelaskan bahwa, mobil di bawah 1.300 cc tidak boleh digunakan untuk angkutan umum tidak dalam trayek.

Aturan ini tentunya mendegradasi kendaraan-kendaraan LCGC untuk dapat beroperasi atau digunakan sebagai taksi online. Dengan ini tentunya tidak akan ada lagi  Toyota Agya, Toyota Calya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Honda Brio, Datsun GO Panca dan juga Suzuki Karimun Wagon R untuk armada Grab Car, Uber serta Go-Car.

Tidak hanya LCGC, dengan aturan kapasitas di bawah 1.300 cc juga membuat beberapa kendaraan city car dan hatchback tidak bisa digunakan untuk taksi online. Namun kendaraan-kendaraan seperti Nissan March, Mitsubishi Mirage, Suzuki Celerio serta Ford Fiesta Ecoboost jarang digunakan oleh taksi online.

Peraturan Menteri ini tentunya memukul para pelaku bisnis taksi online yang belakangan bermunculan. Tergiur keuntungan besar, banyak perusahaan hingga perorangan yang menginvestasikan dananya untuk membeli kendaraan untuk taksi online. Tidak sedikit dari mereka yang memilih kredit kendaraan kelas LCGC karena memiliki harga yang terjangkau. 

Seperti yang dilansir dari Tempo.Co, banyak pengemudi Uber protes kebijakan ini. “Kami meminta pemerintah tetap memperbolehkan kendaraan di bawah 1.300 cc untuk tetap beroperasi,” ujar Asosiasi Online Community dan Barisan Uber Serentak (Oncom-Buser), Ahmad Firmansyah.

Anggota Oncom-Buser yang merupakan kumpulan pengemudi Uber memiliki anggota 5.927 orang. Dan 775 orang anggota mereka menggunakan mobil LCGC.

Ahmad menyesalkan ada aturan yang tiba-tiba berubah dari pemerintah. Jika belum lama kendaraan angkutan sewa beraplikasi online suda diresmikan dengan salah satu syarat mengikuti uji KIR.

“Sebagian dari mereka telah lolos uji KIR, tapi tiba-tiba semua berubah,” sesal Ahmad.

Lalu bagaimana nasib para pemilik taksi online LCGC ini ke depan? Pantau terus lanjutan beritanya. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual