Merek Vietnam VinFast Daftarkan 3 Mobil di Indonesia, Mau Masuk?

Berita Otomotif

Merek Vietnam VinFast Daftarkan 3 Mobil di Indonesia, Mau Masuk?

JAKARTA – VinFast ketahuan mendaftarkan hak paten tiga model mobil mereka di Indonesia.

VinFast merupakan merek mobil yang dimiliki VinGroup, grup bisnis raksasa Vietnam. Mereka berdiri sejak 2017 silam dan langsung mendirikan komplek pabrik berkapasitas besar di negara tersebut.

Sejak awal kemunculannya, mereka sudah mengumumkan ambisi untuk merambah ke negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang lain. Tak hanya itu, mereka juga mempunyai ambisi menjamah pasar Amerika Serikat. 

Adapun tiga model VinFast yang didaftarkan hak patennya di Indonesia, seperti terlihat dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, terdiri dari jenis sedan (1 model) dan sport utility vehicle/SUV (2 model).

Adapun pemegang mereknya, ialah VinFast Trading and Production Limited Liability Company.

sedan VinFast Lux A2.0

Model sedan VinFast tidak disebutkan namanya. Akan tetapi, dari penampakan desain eksteriornya, diduga kendaraan dengan Nomor Permohonan A00201800772 dan tanggal perlindungan hingga 20 Maret 2028 itu adalah Lux A2.0.

Sedan ini menjalani debut globalnya dalam Paris Motor Show 2018. VinFast ketika itu sampai mengundang mantan pesepakbola David Beckham sebagai tamu spesial dalam seremoni perkenalan produk, menemani Miss Vietnam 2018, Tran Tieu Vy.

Satu SUV bermesin konvensional juga tidak dijelaskan namanya. Namun, bisa jadi model dengan Nomor Permohonan A00201800771 dengan tanggal perlindungan sampai 20 Maret 2028 itu adalah Lux SA2.0 jika melihat lekuk-lekuk bodinya.

SUV VinFast Lux SA2.0

Lux SA 2.0 diperkenalkan pula dalam Paris Motor Show 2018.

Baik Lux A 2.0 maupun Lux SA 2.0 sama-sama menggunakan mesin bensin  2.0-liter turbocharged inline-4 cylinder dengan produksi daya 174 hp dan torsi maksimal 228 Nm yang disuplai oleh BMW.

Desain keduanya dibuat oleh Pininfarina, rumah desain yang membuat banyak model tersohor Ferrari.

Menariknya, VinFast juga mendaftarkan satu SUV listrik dengan nomor permohonan A00202002969. Tampaknya model yang tak diterangkan namanya ini juga didesain oleh Pininfarina, karena salah satu nama desainer yang tertera ialah Giovanni Guglielmo Cartia yang notabene menjabat sebagai Direktur Desain Global Pininfarina.

Menarik menantikan kelanjutan informasi maupun sepak terjang VinFast di pasar Indonesia. Mari kita tunggu. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar