Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Merek Mobil China BAIC Mau Buka 41 Diler di Indonesia hingga 2028

Berita Otomotif

Merek Mobil China BAIC Mau Buka 41 Diler di Indonesia hingga 2028

TANGERANG – BAIC, pendatang baru asal China di pasar mobil Indonesia, berencana membuka lebih dari 40 diler dalam empat tahun ke depan.

BAIC, pada 28 Maret 2024 kemarin, baru saja menandatangani kesepakatan kerja sama distribusi eksklusif dengan PT JIO Distribusi Indonesia (JDI).

Terdapat dua model yang rencananya ingin mereka luncurkan pada 2024 yakni BAIC BJ40 Plus serta BAIC Beijing X55 II yang awalnya akan diimpor utuh terlebih dahulu.

“Kami mau bertumbuh dan diterima di Indonesia secara perlahan. Jangan lupa juga bahwa kami mau ada sustainability (keberlanjutan) dari merek ini di Indonesia,” ujar Chief Operating Officer JDI Dhany Yahya usai seremoni penandatanganan kerja sama di Alam Sutera, Tangerang.

BAIC BJ40 Plus

Dhany menjelaskan bahwa dalam empat tahun ke depan, BAIC ditargetkan untuk memiliki total 41 diler di berbagai daerah di Indonesia. Mereka membaginya ke dalam lima fase pembangunan jaringan penjualan dan purnajual.

Fase pertama berlangsung sepanjang 2024. Hingga akhir tahun ini, BAIC ingin membuka delapan diler yang berlokasi di Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan.

Fase kedua terjadi pada 2025, ketika total diler BAIC menjadi 18 oulet. Pada fase ini, terjadi perluasan jaringan ke Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, plus Bali.

Fase ketiga pembangunan diler BAIC berlangsung pada 2026. Di tahap ini, BAIC ingin memiliki total 26 diler, dengan perluasan jaringan ke sentral Sumatera.

BAIC Beijing X55 II

Pada fase keempat yang terjadi di 2027, BAIC berambisi untuk mempunyai total 35 diler. Area baru yang mereka masuki ialah Kalimantan Selatan dan sentral Sulawesi.

Lalu, di fase terakhir (2028), BAIC menggenapi target 48 diler. Tapi, di fase ini, tidak ada penetrasi di region baru.

Diberitakan sebelumnya, BAIC juga bersiap untuk melakukan perakitan lokal pada awal 2025, dimulai dari BJ40 Plus. Mereka akan memanfaatkan pabrik milik pihak ketiga—antara PT Gaya Motor atau PT Handal Indonesia Motor, bukan membangun fasilitas manufakturing dari nol.

BAIC juga berancang-ancang menjual mobil listrik di Indonesia mulai 2026. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang