Merek China Chery & BYD Mau Jualan Sekaligus Bikin Mobil di Indonesia

Berita Otomotif

Merek China Chery & BYD Mau Jualan Sekaligus Bikin Mobil di Indonesia

JAKARTA - Dua merek mobil China, Chery dan BYD, disebut tak hanya akan menjadikan Indonesia pasar tapi juga basis produksi.

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara, dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), awalnya menceritakan Chery sudah berkomunikasi lebih lanjut dengan asosiasi tersebut mengenai rencana mereka di pasar Tanah Air. Jenama yang bermarkas di Anhui tersebut mengatakan ingin membangun pabrik.

“Mereka punya produk-produk baru yang mungkin akan diminati di Indonesia. Mereka berminat, bukan sekadar untuk manfaatkan pasar, tapi juga untuk dalam hal produksi. Jadi mereka produksi di Indonesia,” ucap dia pada Rabu (22/12/2021).

merek mobil China Chery

Chery tidak sendirian. Rencana yang sama, lanjut Kukuh, juga dimiliki pemain lain dari Negeri Tirai Bambu yakni BYD.

“Di samping itu, ada BYD yang berniat masuk juga ke Indonesia bukan hanya ingin mendapatkan pasarnya tapi juga berniat produksi. Ini cukup menarik karena sudah selayaknya Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat berperan di industri otomotif, apa pun jenis sistem penggeraknya,” tegas dia.

Kedua merek itu sebenarnya sudah diketahui ingin masuk ke Indonesia sejak beberapa waktu belakangan. Namun, baik Chery maupun BYD belum mengumumkan secara resmi rencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi.

BYD pada 2019 malah telah menyuplai mobil listrik e6 untuk dijadikan armada taksi Blue Bird. Pada 2020, jenama yang berbasis di Shenzen itu juga mendistribusikan bus listrik untuk dites oleh TransJakarta.

BYD e6, armada mobil listrik taksi Blue Bird

Tahun lalu, nama BYD juga tertera sebagai anggota Gaikindo. Namun, pada data terkini untuk periode Januari-November 2021, nama mereka hilang.

Adapun Chery terdeteksi ingin kembali mencoba peruntungan di Indonesia sejak awal 2021, ketika mereka membuat akun resmi Chery Indonesia di Facebook maupun Instagram. Melalui media sosial, mereka kemudian membeberkan rencana peluncuran pada akhir 2021.

Akan tetapi, menurut pemberitaan di berbagai media massa arus utama, rencana itu akhirnya diundur menjadi pada 2022.

Chery sempat menjajal pasar Indonesia pada 2006. Akan tetapi, berdasarkan data Gaikindo, mereka hanya berjualan mobil sampai 2013 dan akhirnya minggat.

Kukuh menyebut peluang di pasar mobil Tanah Air masih sangat terbuka. Pasalnya, rasio kepemilikan mobil di negara ini baru 99 unit per 1.000 penduduk.

“Walau sudah banyak pemain, celah itu masih ada,” tegasnya. [Xan/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas berkualitas <<<<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar