Manfaat Gunakan BBM Berkualitas untuk Kendaraan dan Lingkungan

Berita Otomotif

Manfaat Gunakan BBM Berkualitas untuk Kendaraan dan Lingkungan

JAKARTA - Pertamina menyediakan BBM berkualitas Pertamax Series dan Dex Series yang baik untuk kendaraan juga lingkungan.

Andai saja semua pengguna kendaraan di Indonesia memiliki kesadaran tinggi dengan memilih BBM berkualitas, keuntungan tentu akan di dapat oleh mereka sendiri termasuk lingkungan sekitarnya. Memang investasi awalnya sedikit lebih besar, dari sisi harga BBM berkualitas lebih mahal namun akan lebih parah kerugiannya jika tetap ngotot menggunakan BBM tak berkualitas.

Dari sisi kendaraan, rata-rata kendaraan produksi terbaru punya rasio kompresi yang lebih tinggi terutama pada mesin-mesin dengan suplai BBM injeksi. Hampir semua kendaraan baik mobil maupun motor punya ratio kompresi di atas 9:1.

Dari spesifikasi ini tentu para pemilik kendaraan terutama keluaran baru sudah wajib meninggalkan BBM Premium dengan ron 88. Sudah sewajarnya mereka menggunakan Pertamax Series agar mesin bisa bekerja maksimal dan pastinya terhindar dari kerusakan yang tidak perlu terjadi serta butuh biaya ekstra.

Pembakaran sempurna juga berkaitan erat dengan rendahnya emisi gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan. Ini tentu memiliki kaitan erat dengan kelestarian lingkungan, setidaknya dapat menekan polisi udara.

Selain itu, Pertamina juga memastikan bahwa BBM berkualitas memiliki formula aditif khusus sebagai penyempurna pembakaran di ruang mesin. Ini termasuk dengan demulsifier menjaga BBM dari kontaminasi air yang disebut sebagai salah satu zat banyak memiliki efek negatif jika masuk dalam ruang bakar.

"Masyarakat yang menggunakan BBM berkualitas tak hanya dapat menjaga mesin kendaraan, tapi tutur aktif menjaga kualitas udara supaya lebih besih," kata Eko Kristiawan, Unit Manager Communication & CSR MOR III saat diskusi virtual dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) baru-baru ini.

manfaat menggunakan bbm berkualitas
Tanki Full Selama PSBB
Dalam kesempatan ini Pertamina juga mengingatkan untuk mengisi tangki BBM di masa PSBB jilid 2 berlaku mulai 14 September 2020. Artinya jangan sampai membiarkan kendaraan yang tidak digunakan alias nganggur selama pelaksanaan PSBB.   

"Tips pertama, mesin kendaraan tetap dipanaskan secara berkala, agar kondisi baterai terjaga. Kemudian periksa oli mesin dan BBM, meski digunakan harus diisi full agar bisa meminimalkan risiko terjadinya pengembunan. Jika pengembunan terjadi akan menciptakan kualitas BBM yang tidak sesuai," jelas Eko.

Lainnya, sekedar informasi, pada PSPBB jilid 1 yang dilakukan Maret lalu, kualitas udara di DKI Jakarta dilaporkan ada perubahan menjadi lebih baik. Berdasarkan kajian Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, konsentrasi Maksimum Particulate Matters (PM) 2,5 menurun sekitar 0,02-35,07 persen di lima Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU). Selama PSBB disebutkan semua SPKU memenuhi Baku Mutu Harian. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar