Makan Dalam Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan

Panduan Pembeli

Makan Dalam Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan

LEEDS – Survey baru dari Brake menemukan fakta bahwa sepertiga dari pengendara, mengemudi sambil makan.

Lebih jauh, hanya 27 persen orang yang membuka makanan sendiri. Kemudian sebanyak 33 persen orang yang meminta bantuan orang lain untuk membuka makanannya.

Pengemudi yang melakukan ini tercatat berusia 25 hingga 34 tahun. Sementara itu, 55 persen dari mereka mengakui kalau mereka membuka makanannya sendiri. Mereka juga mengakui jika kebiasaan tersebut dilakukan satu kali dalam satu minggu.

Mereka mengakui bahwa kerap nyaris kecelakaan saat mengemudi sambil makan. Dan banyak dari mereka mengaku bahwa  kerap melakukan manuver berbahaya meski mengemudi sambil makan.

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan, makan dan minum di dalam kendaraan meningkatkan resiko kecelakaan dua kali lebih besar. Potensi bahaya ini diperparah dengan makanan dan minuman dalam kondisi panas.

Mengemudikan kendaraan bermotor diperlukan konsentrasi penuh. Melakukan aktivitas lain ketika berkendara dapat meningkatkan potensi kecelakaan. Sedangkan makan dan minum sambil mengemudi mengalihkan konsentrasi pengemudi.

Berkurangnya konsentrasi pengemudi, terbukti mengurangi konsentrasi dan refleks hingga 44 persen. Pengendara kendaraan jauh lebih lambat  dalam bereaksi terhadap situasi jalan.

Meskipun makan dan minum sambil berkendara tidak disebutkan dalam hukum. Namun mengemudi yang tidak hati-hati atau ceroboh merupakan tidak pidana. DI Inggris pelanggar tersebut terancam hukuman maksimum dilarang mengemudi seumur hidup.

Pada sebuah studi kasus, seorang pengemudi dihukum karena menghilangkan nyawa seseorang. Joseph Wilkins yang sedang memakan sandwich sambil berkendara, menabrak seseorang di Abingdon pada 2012.

“Membayangkan pengemudi yang tidak konsentrasi mungkin Anda berpikir seseorang yang menggunakan telepon seluler. Namun ternyata masih banyak hal yang dapat menyebabkan bahaya ketika mengemudi. Mengemudi sambil memakan sesuatu juga dapat meningkatkan potensi kecelakaan,” ucap Alice Bailey, Communications and Campaigns Advisor for Brake. [Dew/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual