Kapolri Waspadai Peningkatkan Pemudik Jelang Lebaran

Berita Otomotif

Kapolri Waspadai Peningkatkan Pemudik Jelang Lebaran

MERAK - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimta kepada jajarannya untuk semakin waspada jelang Idul Fitri 1442 hijiriah,

Hal ini Ia sampaikan karena pemudik umumnya semakin banyak jelang hari raya. Untuk itu diperlukan kewaspadaan eksra khususnya pada malam hingga jelang pagi hari yang merupakan waktu favorit para pemudik.

“Saya memang tahu bahwa di wilayah Banten untuk arus yang melakukan kegiatan mudik di tahun-tahun sebelumnya kecenderungannya akan semakin ramai pada saat menjelang malam dan menjelang pagi. Ini yang tentunya rekan-rekan harus hadapi beberapa hari terakhir,” kata Kapolri saat meninjau Pos Penyekatan di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (9/5/2021).

Ia pun meminta petugas di lapangan agar semakin masif dalam mensosialisasikan alasan larangan mudik  kali ini. Larangan mudik tersebut munciul adalah untuk menekan penyebaran COVID-19 yang hingga saat ini masih menjadi pandemi.

Kapolri Waspadai Peningkatkan Pemudik Jelang Lebaran

“Yang paling penting yang harus disampaikan kepada masyarakat bahwa kegiatan operasi saat ini adalah kegiatan operasi dalam rangka untuk mencegah agar laju ataupun penularan Covid-19 bisa kita tekan semaksimal mungkin. Sehingga tidak terjadi perpindahan dari satu daerah ke daerah lain,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa saat ini terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 di Sumatera. Kondisi ini tentunya berpotensi semakin parah bila masyarakat tetap nekat melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya.

“Di beberapa wilayah, khususnya Sumatera, terjadi peningkatan sehingga ini tentunya saya minta kepada rekan-rekan untuk betul-betul melaksanakan pengawasan dan penguatan terhadap aturan protokol kesehatan khususnya yang melalui penyeberangan ASDP,” kata Kapolri.

Sebelumnya diberitakan bahwa Pemerintah kembali melakukan larangan mudik untuk masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 yang hingga saat ini masih menjadi pandemi di Tanah Air.

Guna memastikan larangan ini berjalan, pihak Kepolisian telah menyiapkan 381 pos penyekatan yang tersebar di jalan arteri sepanjang Palembang hingga Bali. Penambahan titik penyekatan khususnya menyasar jalur alternatif. Penyekatan jalur alternatif dinilai sangat penting karena umum digunakan masyarakat saat mudik.

Secara terperinci, 381 lokasi penyekatan arus lalu lintas yang disiapkan Korlantas yaitu, 10 titik di wilayah Kepolisian Daerah Sumatera Selatan. Ada juga 9 titik di wilayah Kepolisian Daerah Lampung, 16 titik di wilayah Kepolisian Daerah Banten, 14 titik di wilayah Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Lalu, 158 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Barat, 85 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Tengah, 74 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Timur. Kemudian, 10 titik di wilayah Kepolisian Daerah DI Yogyakarta, dan 5 titik di wilayah Kepolisian Daerah Bali. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar