Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kakorlantas Polri Tanggapi Jakarta Kota Termacet

Berita Otomotif

Kakorlantas Polri Tanggapi Jakarta Kota Termacet

JAKARTA - Kondisi kemacetan di Jakarta dan Surabaya memang telah diakui dunia. Bahkan, Jakarta berhasil menduduki posisi pertama dalam tingkat kemacetan di dunia sementara Surabaya berada di posisi kedua.

Inspektur Jenderal (Pol) Codro Kirono mengatakan bahwa hasil ini didapat karena kondisi Jakarta yang sedemikian padat karena kendaraan dan jumlah penduduknya.

"Coba jika dibandingkan dengan posisi kedua yaitu Istambul. Jumlah kendaraannya jauh lebih banyak di Jakarta. Jumlahnya bisa 7 kali lipatnya. Selain itu, populasi penduduknya juga jauh lebih banyak di Jakarta," ungkapnya.

"Kalau kita jadi yang pertama (tingkat kemacetan di dunia) karena ruang di tempat kita ini sudah padat sekali dengan kendaraan dan masyarakatnya. Peningkatan jumlah kendaraan mencapai 11 persen per tahun, sementara ruas jalan yang bertambah hanya 1 persen. Dan 40 persen dari total kendaraan di Indonesia ada di kawasan Jabotabek," tambahnya.

Untuk mengatasi itu, dia mengatakan sarana transportasi publik harus semakin digencarkan.

"Banyak yang harus diperbaiki mulai dari transportasi publik yang harus digalakkan, sistem antarmoda transportasi harus diperlancar hingga perijinan pembangunan pusat perbelanjaan harus diperketat dan perilaku pengemudi itu sendiri," tutupnya. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang