Jual-Beli Mobil di Internet Semakin Massif

Berita Otomotif

Jual-Beli Mobil di Internet Semakin Massif

JAKARTA – Tak bisa dipungkiri internet telah menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia. Berbagai hal dilakukan di dunia maya, termasuk mencari dan menjual mobil. Pertumbuhan jual-beli mobil secara online pun meningkat secara massif.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sepanjang tahun 2014 ada 107 juta orang yang mengakses internet, naik dari 82 juta orang yang tercatat di tahun sebelumnya. Di tahun 2015, angka itu akan kembali bertambah menjadi 139 juta orang.

Ini membuat Indonesia menjadi pengguna internet terbesar ke-6 di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. Di atas Indonesia ada Tiongkok, Amerika Serikat, India, Brasil dan Jepang.

Selain masalah jumlah pengguna, peningkatan penjualan smartphone dan peningkatan kecepatan internet juga mendorong makin tingginya penggunaan internet. Peringkat kecepatan internet Indonesia naik dari urutan ke-101 menjadi urutan ke-77 di seluruh dunia.

Dengan adanya kenyataan tersebut, maka tidak heran bila Asia Pasifik, termasuk Indonesia akan menjadi salah satu kawasan dengan penjualan B2C (Business-to-Consumer) terbesar di dunia.

Terlebih, data GlobalWebIndex menyebutkan kalau 18 persen konsumen sudah mulai menggunakan internet untuk mempelajari apa yang hendak mereka beli. Dan 16 persen sudah menggunakan internet untuk membeli barang secara online. Itu hitungan desktop. Di sisi lain, akses mobile internet juga meningkat. 11 persen konsumen mempelajari barang yang hendak mereka beli lewat smartphone atau tablet dan 9 persen membeli barang secara online melalui smartphone atau tablet mereka.

Kenyataan ini dijawab oleh Mobil123.com dengan merilis New Car Showroom (NCSR) yang merupakan wajah baru showroom online untuk mobil baru pada Desember 2014.

Di NCSR, para calon pembeli  dapat melakukan riset tentang mobil yang ingin dibeli dari ulasan dari para jurnalis Mobil123.com dan membandingkan fitur serta harga, bahkan mem-booking sesi test drive secara online. Fasilitas ini membantu Anda dalam mencari mobil idaman karena dapat mencari mobil berdasarkan tipe body, harga, merek, jumlah penumpang dan lain-lain.   

Dari kacamata dunia otomotif, pertumbuhan di dunia maya ini beriringan dengan kenyataan di dunia nyata dimana penjualan mobil di Indonesia juga sudah mencapai 1,2 juta unit, tertinggi di ASEAN. Angka ini akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang dan bahkan banyak pengamat memprediksi penjualan 2 juta unit per tahun akan bisa dicapai Indonesia tak sampai 10 tahun lagi.

Di tengah peningkatan penggunaan internet dan semakin meningkatnya penjualan mobil di Indonesia inilah Mobil123.com hadir. “Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat Indonesia yang hendak mencari atau membeli mobil idaman mereka,” kata Country Manager Mobil123.com, PC Gan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support