Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jelang Euro 4, Perluasan Suplai Pertamina Dex Kian Masif

Berita Otomotif

Jelang Euro 4, Perluasan Suplai Pertamina Dex Kian Masif

JAKARTA - Implementasi standar emisi Euro 4 untuk kendaraan roda empat atau lebih yang menggunakan mesin diesel segera berlaku. Pertamina selaku pemasok bahan bakar minyak (BBM) turut mendukung kebijakan tersebut dengan menyuplai BBM yang sesuai dengan standar Euro 4.

"Secara umum kami telah siap menyediakan bahan bakar Pertamina Dex untuk kendaraan diesel standar emisi Euro 4," ucap Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina Irto Ginting lewat pesan singkatnya kepada Mobil123.com, belum lama ini.

Sebelumnya, Kementerian Lingkungan Hidup mengeluarkan regulasi Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O, atau yang dikenal dengan Standar Emisi Euro 4.

Aturan ini tercantum dalam Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 yang ditandatangani pada Maret 2017.

Sebenarnya aturan Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel berlaku pada 7 April 2021. Namun, diundur menjadi 7 April 2022 karena pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, mendekati pemberlakuan standar emisi Euro 4 bagi kendaraan diesel, Pertamina telah menyebar BBM jenis Pertamina Dex ke berbagai daerah di Indonesia.

"Saat ini hampir semua provinsi telah disuplai Pertamina Dex setara Euro 4. Ke depan akan terus kami perluas ketersediaan bahan bakar diesel berkualitas ini di SPBU," papar Irto.

Untuk diketahui, harga bahan bakar Pertamina Dex per 3 Maret 2022 berkisar antara Rp13.700 hingga Rp14.300 per liter. Provinsi Maluku, Maluku Utara, dan Papua saat ini belum tersedia bahan bakar jenis Pertamina Dex. [Tih/]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang