Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Inilah Tingkat Kegelapan Kaca Film Tidak Membahayakan

Panduan Pembeli

Inilah Tingkat Kegelapan Kaca Film Tidak Membahayakan

JAKARTA – Cuaca di Indonesia memiliki kecenderungan panas dan terpapar sinar matahari terus-menerus.

Hal ini pun membuat masyarakat berinisiatif untuk memasang kaca film segelap mungkin guna menghalangi panas masuk, termasuk pada kaca depan. Padahal, hal tersebut bisa berbahaya karena justru akan membuat pengendara sulit untuk melihat.

Lantas kaca film yang seperti apakah yang pas untuk mobil di Indonesia?

“Idealnya, kalau mengikuti produsen kendaraan, untuk tingkat kegelapan kaca depan adalah 20%, samping dan belakang adalah 60%,” ungkap Billy Susanto, Customer Support Manager PT. V-Kool Indo Lestari.

Namun, Ia tidak menampik bahwa banyak orang yang ingin kaca film lebih gelap.

"Banyak orang mau kaca film gelap. Jadi kami menyarankan bahwa depan yang paling gelap adalah kaca film 40%, sementara kalau samping dan belakang tidak apa-apa menggunakan 80%,” ungkapnya.

Maksimal 40% untuk kaca film depan adalah karena tingkat kegelapan masih dalam tahap toleransi. Penglihatan ke depan harus kita jaga sebab kita harus awas saat menyetir.

"Kalau dipaksakan bagian depan terlalu gelap, khawatir akan menyebabkan mata lebih mudah mengantuk atau pandangannya jadi kurang jernih,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa meski banyak konsumen memaksa untuk memasang kaca film depan dengan jenis kaca film gelap, pihaknya tidak akan menerima.

"Kami tekankan hal itu ke dealer-dealer V-Kool. lebih baik tidak menerima uang daripada membahayakan. Atau bisa dipasang tapi garansi akan hilang." [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang