Ini Pemicu Kecelakaan Sepedamotor di Indonesia

Berita Otomotif

Ini Pemicu Kecelakaan Sepedamotor di Indonesia

JAKARTA – Sepedamotor terus mendominasi angka kecelakaan di jalanan seluruh Tanah Air.

Selain populasi yang sangat banyak, kebiasaan buruk kebanyakan pengguna kendaraan roda dua menjadi memicu terjadinya kecelakaan di jalanan. Ditambah lagi dengan kurangnya sarana transportasi umum juga menjadi salah satu pemicunya.

Menurut data Korlantas Polri, tahun lalu jumlah kecelakaan yang menyebabkan sepedamotor mencapai 84.099 kejadian. Tahun ini, sejak Januari hingga September, jumlah kecelakaan roda dua telah mencapai 71.616 kejadian.

“80 persen lebih kecelakaan di Indonesia melibatkan sepedamotor. Sedangkan kejadian yang paling sering terjadi adalah adu banteng. Ini terjadi karena kurang sempurna saat hendak mendahului. Ini juga menandakan bahwa tata cara berkendara masih harus ditingkatkan,” ujar Analis Kebijakan Madya Bidang Pendidikan Masyarakat Korlantas Polri, Kombes Pol Drs Unggul Sedyantoro di acara Sharing Session IRSA 2016 (20/10).

Adu banteng atau tabrakan depan-depan jumlahnya mencapai 20 ribu kasus. Umumnya pelanggar ini masih berusia dikisaran 15-19 tahun. Sementara tabrakan depan-belakang menempati urutan kedua dengan 16.767 kasus. Kemudian kurangnya fokus saat berkendara berada di tempat ketiga dengan 14.255 kasus.

Kecakapan sarana transportasi umum nan aman dan nyaman disoroti Darmaningtyas selaku Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Menurutnya angkutan umum dapat menjadi solusi ketika masyarakat dilarang membawa motor sekaligus mengurangi angka kecelakaan.

“Di Jakarta khususnya, sehari rata-rata 3 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Ini lebih besar dari penyakit HIV, flu burung maupun penyakit lainnya. Solusinya angkutan umum harus diperbanyak, jadwalnya juga harus jelas. Selain itu juga harus aman dan nyaman,” cetusnya di sela-sela Sharing Session.

Darmaningtyas menambahkan, aparat selama ini tidak bisa bertindak tegas kepada para pelanggar. Hal ini disebabkan tidak ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Sementara populasi sepedamotor terus tumbuh lebih dari 12 persen setiap tahunnya. [Dew/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support