Ini Estimasi Biaya Pengecatan Mobil di Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

Panduan Pembeli

Ini Estimasi Biaya Pengecatan Mobil di Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

Cat mobil yang mengalami kerusakan baik karena dimakan usia maupun disebabkan kecelakaan memang tidak enak untuk dipandang. Untuk memperbaikinya tidak ada cara lain selain dengan melakukan pengecatan ulang bagian yang mengalami kerusakan. Bahkan untuk sebagian kasus, mengecat ulang seluruh bagian kendaraan merupakan langkah yang bijak.

Tentunya semua harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat, mulai dari tempat, harga hingga waktu pekerjaan. Pertimbangan tersebut harus dilakukan guna memastikan pelanggan tidak menyesal atau mengalami kesulitan dikemudian hari.

Yang dimaksud dengan tempat yang tepat adalah dimana pekerjaan akan dilakukan. Pasalnya, pengecatan memang bisa dilakukan baik di bengkel resmi maupun bengkel umum. Namun hasil dan metode pengerjaan tentu berbeda sehingga hasilnya juga bisa berbeda pula.

Sementara adalah harga yang tepat bertujuan untuk memastikan bahwa biaya pengerjaan memang sesuai dengan budget. Dengan demikian pelanggan bisa membayar pengerjaan sesuai dengan kesepakatan.

Waktu pengerjaan juga harus menjadi perhatian. Pasalnya untuk mengerjakan cat kendaraan diperlukan waktu yang tidak sedikit. Perlu management waktu yang pasti agar pelanggan tidak terganggu mobillitasnya.

Biaya Pengecatan Mobil Full Body di Bengkel Resmi

Estimasi pengecatan mobil

Umumnya yang menjadi perhatian utama dari pelanggan adalah harga dari pengecatan kendaraan. Untuk dibengkel resmi, harga pengecatan full body atau biasa dikenal dengan siram cat dibanderol dengan harga berbeda-beda.

Berdasarkan data yang kami miliki, siram cat di bengkel resmi Auto2000 dimulai dari Rp 7 juta hingga 17 juta, tergantung dari ukuran dan warna kendaraan. Semakin special warna yang digunakan maka akan semakin mahal harganya. Sementara untuk waktu pengerjaannya sekitar 10 hari kerja sejak diterima oleh bengkel.

Berikut adalah daftar harga untuk siram cat mobil di Auto2000

Biaya pengecatan ulang full body mobil di bengkel resmi

  • Siram full body Kendaaraan kecil sekelas Toyota Agya Rp7.000.000
  • Siram full body Kendaraan Medium sekelas Toyota Avanza Rp10.400.000
  • Siram full body Kendaraan Medium sekelas Kijang Innova  Rp11.811.000

Biaya Pengecatan Mobil per Panel di Bengkel Resmi

Estimasi pengecatan mobil

Bila kerusakan cat tidak penuh, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pengecatan per panel. Dengan ini maka pengerjaan hanya akan fokus pada panel yang memang rusak sehingga tampilannya menjadi lebih maksimal tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Pengerjaan ini biasanya dilakukan oleh pemilik kendaraan yang kendaraannya mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Umumnya kerusakan hanya ada pada bagian bemper atau pintu kendaraan karena terserempet. Untuk perbaikan per panel di Auto2000 adalah sebesar Rp 700 ribu hingga 1,8 juta per panel, tergantung jenis kendaraan dan luas panel yang dikerjakan.

Sebagai contoh adalah biaya pengecatan per panel Toyota Avanza. Untuk pengerjaan per panel dimulai dari Rp 800.000. Sementara untuk Toyota Kijang Innova sebesar Rp 800.000. Untuk kendaraan kecil biasanya sekitar Rp 700.000.

Dan berikut adalah estimasi biaya untuk Toyota Avanza per panel.

  • Bumper bagian depan dan belakang: Rp620.000.
  • Fender: Rp650.000 – Rp700.000.
  • Kap Mesin: Rp720.000.
  • Bagasi: Rp750.000 – Rp800.000.
  • Pintu belakang/bagasi: Rp720.000.
  • Roof: Rp1.800.000.
  • Trisplang kaki bawah: Rp450.000.

Biaya Pengecatan Full Body Mobil di Bengkel Umum

Estimasi pengecatan mobil

Berbeda dengan di bengkel resmi yang menggunakan metode cat oven, sebagian bengkel umum hanya menjemur kendaraan yang sudah di cat. Cara pengerjaan seperti ini sebaiknya dihindari khususnya untuk yang hendak mengecat full body.

Dan berikut adalah estimasi harga pengecatan full body di bengkel umum.

Siram full body dengan bahan Blinken, Apsara, DuPont, Nippon Paint untuk mobil kecil sebesar Rp4.000.000

Siram full body dengan bahan Spies Hecker atau Sikkens dengan untuk mobil kecil Rp6.500.000 – Rp9.000.000

Biaya Pengecatan Mobil per Panel di Bengkel Umum

Estimasi pengecatan mobil

Biaya pengecatan per panel di bengkel umum harganya cukup bervariatif tergantung jenis cat dan metode yang digunakan. Per panel juga berbeda-beda, tergantung dengan ukuran yang dilakukan pengecatan.

Dan berikut adalah daftar harga pengecatan per panel mobil yang menggunakan cat polyurethane

  • Standart Panel Pintu, Spakbor atau Fender, Bumper, Sidekirt dan Spoiler Rp300.000 – Rp450.000
  • Kap Mesin & Bagasi Rp400.000 – Rp600.000
  • Atap Mobil Rp500.000 – Rp800.000

Sementara itu, untuk harga yang lebih terjangkau bisa memilih cat dengan bahan Acrylic Lacquer, berikut ini kisarannya.

  • Kap Mesin: Rp450.000.
  • Kabin Atas: Rp650.000.
  • Kap Bagasi: Rp350.000.
  • Pintu Per Panel: Rp350.000.
  • Fender Per Panel: Rp350.000.
  • Bemper Depan: Rp350.000.
  • Bemper Belakang: Rp350.000.

Gunakan Jasa Asuransi Kendaraan

Sebenarnya biaya perbaikan kendaraan khususnya cat bisa ditekan bila sejak awal pemilik kendaraan sudah mengasuransikan kendaraannya. Pasalnya, pelanggan cukup membayar biaya klaim asuransi setiap kejadian. Dengan demikian, meski mobil mengalami kerusakan yang cukup parah sekalipun, maka biaya klaim tidak akan seberat bila membayar di bengkel sendiri.

Tak hanya itu, umumnya perusahaan asuransi telah berkerjasama dengan bengkel-bengkel resmi atau bengkel umum dengan standard kerja tinggi. Dengan demikian hasil pekerjaan pun bisa maksimal layaknya memiliki mobil baru.

Sebagai contoh, bila mobil mengalami kecelakaan dan cat mobil tergores sebanyak 3 panel mulai dari fender, pintu depan hingga pintu penumpang belakang maka biaya yang harus dikelurakan tentu cukup besar.

Untuk perbaikan di bengkel resmi maka biaya yang dikeluarkan adalah sekitar Rp2,1 juta (biaya per panel sebesar Rp700.000). Sementara untuk di bengkel umum dengan menggunakan cat berbahan Acrylic Lacquer mencapai Rp1,05 juta ( per panel Rp350.000).

Sedangkan untuk pelanggan yang menggunakan asuransi maka cukup membayar Rp300.000 (tergantung perusahaan asuransi) untuk memperbaiki seluruh panel. Ini tentunya akan menekan biaya perbaikan terlebih bengkel rekanan biasanya adalah bengkel terpercaya atau bengkel resmi.

Keuntungan lainnya adalah, bila ternyata cat mengalami kerusakan maka biasanya bengkel memberikan asuransi. Cat yang mengalami kerusakan karena kesalahan pekerjaan maka akan diperbaiki oleh bengkel.

Tak hanya itu, keuntungan dari menggunakan asuransi kendaraan adalah pelanggan akan lebih tenang bila menghadapi beragam kondisi khususnya bencana alam. Salah satunya adalah banjir yang selalu terjadi setiap tahun.

Bila pelanggan membeli asuransi komprehensif maka saat banjir dan mobil terendam, pelanggan akan mendapat kemudahan. Pasalnya, perusahaan asuransi akan menganggung seluruh biaya perbaikan kendaraan yang mengalami kerusakan.

Kelemahan Penggunaan Asuransi Kendaraan

Meski demikian, pelanggan yang hendak menggunakan jasa asuransi harus siap untuk menyisihkan waktu sedikit lebih lama bila dibandingkan datang langsung ke bengkel. Ini karena pelanggan harus melakukan laporan terlebih dahulu, kemudian kerusakan akan di survey kemudian bengkel akan diberikan Surat Perintah Kerja. Setelah mendapatkan Surat Perintah Kerja maka bengkel baru akan melakukan pekerjaan.

Proses tersebut terbilang cukup rumit sehingga pelanggan harus merelakan mobil lebih lama di bengkel. Selama proses klaim dan pekerjaan dilakukan, maka tentu menghambat mobilitas pelanggan kendaraan.

Tak hanya itu, biaya yang dikeluarkan di awal pun terbilang cukup tinggi sehingga sebagian orang akan enggan untuk melakukan pembelian asuransi khususnya asuransi komprehensif. Meskipun sebenarnya biaya yang dikeluarkan sebenarnya cukup sebanding dengan ketenangan yang didapatkan oleh pelanggan. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar