Ini 5 Supercar Naturally Aspirated yang Tersisa

Berita Otomotif

Ini 5 Supercar Naturally Aspirated yang Tersisa

CALIFORNIA – Produsen mobil berperforma di dunia kini ramai-ramai beralih ke mesin turbo dan sepertinya sportcar dengan mesin natural aspirated atau tanpa turbi =.

Suka atau tidak mesin-mesin naturally aspirated mulai ditinggalkan para produsen mobil. Hal ini karena berhubungan langsung dengan hal efisiensi dan tentunya emisi gas buang, karena tenaga besar naturally aspirated pada supercar berbanding lurus dengan besarnya kapasitas mesin. Peranti turbo dan hybrid menjadi pilihan baru bagi pabrikan supercar di dunia.

Produsen kendaraan seperti Bugatti, Pagani, Koenigsegg dan McLaren memilih turbo untuk mengakali tenaga  kendaraan tetap besar meskipun menggunakan mesin berkapasitas relatif lebih kecil. Namun beberapa pabrikan tetap mempertahankan salah satu produk naturally aspiratednya.

Dan Berikut 5 supercar ternama yang masih tetap menggunakan mesin naturally aspirated

Ferrari F12

Manufaktur asal Italia ini memang memproduksi mobil-mobil dengan sokongan turbo pada mesinnya. Model 488, California dan GTC4 Lusso merupakan salah satunya. Namun produsen mobil berperforma ini juga tetap mempertahankan keaslian mesin naturally aspirated pada model F12.

Ferrari F12 sendiri dipersenjatai dengan mesin 6.3-liter V12. Sumber tenaga ini diklaim mampu menghasilkan power sebesar 730 hp dan torsi 690 nm. Supercar tersebut tetap diproduksi dengan alasan mempertahankan heritage Ferrari.

Lamborghini Huracan

Lamborghini adalah nama besar di kelas kendaraan supercar. Sebagai produsen mobil berperforma, hingga saat ini Lamborghini tidak pernah menyematkan turbo pada satupun produknya.

Lamborghini kabarnya akan meluncurkan mobil hybrid dengan nama Asterion dan Urus yang menggunakan twin turbo. Namun hingga saat ini proyek tersebut tidak pernah menjadi kenyataan. Mereka tetap bangga menggunakan mesin V10 dan V12.

Audi R8


Layaknya Ferrari, Audi tetap mempertahankan mesin naturally aspirated 5.2-liter V10. Meskipun mereka berencana untuk mereduksi kapasitas mesin dengan V8, namun belum ada kejelasan mengenai penggunaan turbo.

Aston Martin Vanquish S

Bagi penggemar sekuel James Bond 007 pasti sangat akrab dengan brand Aston Martin. DB11 yang dikendarai oleh Daniel Craig ini dipersenjatai mesin 5.2-liter V12. Namun di balik kap mesin terdapat sepasang tubrocharger.

Aston Martin memiliki jagoan di kelas naturally aspirated dengan mengandalkan Vanquish S. Model ini dibekali mesin 6.0-liter V12 yang mampu menghasilkan hampir 600 hp. Sayangnya kemampuan mobil tersebut hampir sama dengan DB7 yang diproduksi 18 tahun silam.

Porsche 911 GT3

Pabrikan mobil asal Jerman ini memang bukanlah penghasil supercar sejati, namun Porsche memiliki model yang cukup kencang, yakni GT3 dan GT3 RS yang mengandalkan mesin naturally aspirated. Mobil ini dapat berakselerasi 0-100 hanya dalam waktu 3,5 detik saja dan namanya  cukup harum dikalangan car enthusiast khususnya pencinta kecepatan. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual