Ini 5 Penyebab Mesin Mobil Ngelitik dan Cara Menghilangkannya

Berita Otomotif

Ini 5 Penyebab Mesin Mobil Ngelitik dan Cara Menghilangkannya

 

JAKARTA – Di antara kita pasti sudah pernah menjupai mesin mobil kita mengelitik atau detonasi atau knocking. Biasanya gejala ini terjadi karena kita mengisi BBM (bahan bakar minyak) tidak sesuai rekomendasi pabrik.

Menurut AstraWorld mesin mengelitik ketika bahan bakar dan udara terbakar lebih cepat dari waktunya, hal ini mengakibatkan piston yang sedang bergerak dari bawah menuju ruang bakar mesin dalam waktu yang sama mendapat gaya tekan dari atas/ruang bakar mesin. Hal inilah yang kemudian terdengar sebagai bunyi “nglitik”.

Untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan/cetane sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Anda bisa bisa melihat rekomendasinya di buku manual atau di balik tutup BBM. Bahan bakar dengan nilai oktan/cetane lebih rendah akan membuat bahan bakar terbakar lebih cepat sehingga kejadian seperti di atas sangat mungkin terjadi.

Kendati demikian meski kita sudah menggunakan BBM sesuai rekomendasi, masih dijumpai mesin mengelitik. Menurut AstraWorld hal ini bisa disebabkan:

  1. Banyaknya deposit/residu di ruang bakar mesin. Selain naiknya perbandingan kompresi, pada saat panas deposit/residu ini yang akan lebih cepat membakar bahan bakar dan udara. Perbaikannya adalah dengan membersihkan ruang bakar mesin.
  2. Waktu pengapian di ruang bakar mesin tidak akurat. Perbaikannya adalah dengan penyetelan sesuai dengan standar pabrikan. Pihak bengkel Resmi akan melakukan hal ini saat melakukan perawatan berkala mobil Anda.
  3. Mesin Overheat, temperatur di atas suhu kerja mesin selain menyebabkan bahan bakar dan udara terbakar lebih cepat, bisa menyebabkan pemuaian berlebih pada sejumlah komponen mesin yang akan menyebabkan gesekan antarkomponen. Bahkan saat kondisi seperti ini terjadi, segera menepi di tempat aman dan matikan mesin agar komponen-komponen mesin tidak rusak. Lebih lanjut mengenai mesin overheat akan Kami bahas di Tips & Trick berikutnya.
  4. Kualitas bahan bakar tidak baik, kadang karena sesuatu hal seperti tercampur dengan air atau bahan kimia lainnya menyebabkan penurunan kualitas pada bahan bakar di SPBU. Jika hal ini terjadi, untuk memastikan kualitas bahan bakar yang dikonsumsi mobil, lakukan pengisian bahan bakar pada SPBU yang berbeda. Jika setelah melakukan pengisian di SPBU berbeda performa mesin membaik, berarti dapat dipastikan penyebab mesin “nglitik” karena kualitas bahan bakar yang tidak baik.

Jadi mulai sekarang gunakan BBM sesuai rekomendasi pabrikan. Dan jika itu Anda sudah lakukan dan mesin mobil masih 'ngelitik' maka perhatikan 4 hal di atas. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar