Ini 5 Mobil Listrik Hyundai yang Patut Dimiliki

Berita Otomotif

Ini 5 Mobil Listrik Hyundai yang Patut Dimiliki

 

JAKARTA – Sejumlah mobil listrik Hyundai Motor Company patut diperhitungkan. Berbagai negara di dunia saat ini telah menjual mobil listrik Hyundai Motor Company dengan sukses.

Menurut pengetahuan kami, 5 mobil listrik Hyundai Motor Company dijual di dunia:

  1. Hyundai NEXO
  2. Hyundai KONA Electric
  3. Hyundai IONIQ Plug-in Hybrid
  4. Hyundai IONIQ Electric
  5. Hyundai IONIQ Hybrid

Mobil Listrik Hyundai NEXO

Inilah fuel cell electric vehicle (kendaraan listrik sel bakar) dengan asupan hydrogen dari Hyundai Motor. Mobil listrik Hyundai Motor ini diluncurkan bertepatan dengan CES (Consumer Electronics Show) 2018 di Las Vegas, USA. Penjualan mobil listrik Hyundai ini dimulai pada 27 Maret 2018 di Korea Selatan.

“Kita menyaksikan hari bersejarah saat teknologi sel bahan bakar dikomersialkan dalam jumlah besar. Dengan awal yang positif ini, kami akan melanjutkan upaya kami di pasar luar negeri untuk mendukung pengembangan pasar kendaraan sel bahan bakar yang baru berkembang,” kata Byung Kwon Rhim, Wakil Presiden Eksekutif Hyundai Motor Company yang bertanggung jawab atas Divisi Operasi Global, pada 27 Maret 2018.

Mobil Listrik Hyundai Nexo

Di saat bersamaan, Hyundai mengirimkan kendaraan tersebut ke pemerintah daerah kota Ulsan dan Gwangju di Korea Selatan. Kedua pemerintah daerah menyatakan niat mereka untuk memperluas infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen.

Hyundai memberi garansi 10 tahun 160.000 km untuk komponen-komponen sel bahan bakar untuk meyakinkan para pelanggan tentang daya tahan dan keandalan kendaraan listrik sel bahan bakar yang dijual di Korea Selatan. Selanjutnya, Hyundai mengumumkan telah mengamankan personel dan peralatan untuk memperbaiki kendaraan NEXO di semua 22 jaringan layanannya di Korea Selatan.

Hyundai NEXO menggantikan Hyundai Tucson FCEV. Mobil listrik Hyundai NEXO FCEV dijual di beberapa negara saja dan daya jelajahnya mencapai 600 kilometer atau lebih jauh 169 kilometer dibandingkan Tucson FCEV.  

Mobil Listrik Hyundai KONA Electric

Hyundai KONA yang dijual di Indonesia memang bermesin bakar internal. Namun di sejumlah negara termasuk Amerika Serikat, Hyundai Kona hadir dengan pilihan mobil listrik. Hyundai Kona Electric merupakan mobil listrik Hyundai pertama untuk negara Donald Trump, di mana diluncurkan pada 2018.

Hyundai membekali mobil listrik ini dengan sebuah motor listrik bertenaga 201 HP dan bertorsi 395 Nm, serta baterai lithium-ion 64 kWh. Daya jelajah mobil listrik Hyundai ini bisa mencapai 415 kilometer.

mobil listrik hyundai kona electric

Hyundai Motor menanam sistem bantuan-pengemudi Hyundai Smart Sense (HSS) yang terdiri dari:

  • Forward Collision-Avoidance Assist with Pedestrian Detection
  • Driver Attention Warning
  • Lane Keeping Assist
  • Blind-Spot Collision Warning
  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist
  • High Beam Assist

Penjualan Hyundai Kona Electric secara kumulatif telah melebihi 100.000 unit pada Juni 2020 sejak pertama kali diluncurkan pada Maret 2020.

Mobil Listrik Hyundai IONIQ

Sejak diluncurkan pada tahun 2016, Hyundai IONIQ telah menjadi mobil pertama di dunia yang direncanakan sejak awal untuk menawarkan tiga powertrains berlistrik:

  • Hybrid
  • plug-in hybrid
  • listrik penuh

mobil listrik hyundai ioniq hybrid

Hyundai IONIQ juga merupakan kendaraan bahan bakar alternatif pertama Hyundai yang direkayasa untuk memberikan efisiensi yang luar biasa sekaligus menyenangkan untuk dikendarai.

Untuk model tahun 2020, IONIQ memiliki desain eksterior dan interior aerodinamis baru yang futuristik. Sementara fitur baru di segmen pertama seperti Highway Driving Assist (opsional) dan Lane Following Assist (opsional) membuat perjalanan jauh tidak terlalu menegangkan dan lebih nyaman.

mobil listrik hyundai ioniq  phev

Mobil listrik Hyundai ini menjadi menjadi mobil listrik pertama Hyundai yang menerima garansi Lifetime Hybrid/Electric Battery Warranty yang memastikan bahwa jika baterai lithium-ion-polimer milik Hyundai IONIC Hibrid/Electric perlu diganti, maka Hyundai akan mengganti baterai dan menanggung biaya daur ulang untuk paket baterai lama tanpa biaya kepada pemilik aslinya. Pemilik mobil listrik Hyundai ini pun akan mendapat garansi 10-tahun untuk powertrain.

Hyundai IONIQ Hybrid dibekali mesin 1.6L GDI dan 32 kW Electric Motor Hybrid dengan transmisi kopling ganda 6-Speed EcoShift.

Hyundai IONIQ Plug-in Hybrid menggendong mesin dan transmisi yang sama dan 45 kW Electric Motor Hybrid.

Model Hybrid dan Plug-in Hybrid di atas menganut sistem front-wheel drive (FWD).

mobil listrik hyundai ioniq electric

Selanjutnya adalah mobil listrik Hyundai IONIQ Electric. Baterai telah ditingkatkan dari 28 kWh menjadi 38,3 kWh, yang berarti pengemudi dapat melangkah lebih jauh di antara pengisian daya. Baterai menawarkan 36% kapasitas penyimpanan energi tambahan, menawarkan total kisaran perkiraan 170 mil (275 km). E-motor mobil listrik Hyundai ini menghasilkan tenaga 134 HP dan torsi 296 Nm dan dilengkapi standar dengan pengisi daya terpasang 7,2 kW - peningkatan dari 6,6 kW - untuk pengisian daya AC Tipe 2. Menggunakan stasiun pengisian cepat 100 kW, baterai dapat mengisi daya hingga 80% hanya dalam 54 menit. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar