Infrastruktur Jalan Jadi Kunci Pertumbuhan Penjualan Mobil

Berita Otomotif

Infrastruktur Jalan Jadi Kunci Pertumbuhan Penjualan Mobil

JAKARTA – Penjualan mobil di Indonesia sulit untuk tumbuh secara signifikan akibat infrastruktur jalan yang tidak mendukung.

Seperti diketahui, tahun lalu wholesales atau pengiriman mobil dari pabrik ke dealer turun sebesar 16,12% menjadi 1.013.305 unit. Angka itu turun dibandingkan 2014 sebanyak 1.208.019 unit. 

Dan di tahun 2016, Gaikindo menargetkan akan mencapai 1,050 juta. Sementara jika dibandingkan Thailand hanya menjual 795.000 mobil (penjualan mobil 2015).

Bila melihat jumlah penduduk dan perkembangan ekonomi, seharusnya penjualan mobil di Indonesia bisa lebih tinggi lagi.

“Penjualan mobil sangat ditentukan oleh kemampuan pemerintah membangun infrastruktur, begitu pemerintah tidak mampu membangun infrastruktur maka penjualan mobil tidak bisa bergerak," kata Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

"Tapi penjualan mobil, dan kemampuan pembangunan infrastruktur tergantung berapa besar pajak yang diterima untuk membangun itu, jadi memang ditentukan berbagai faktor terkait,” tambahnya.

Karena itu, pemerintah menurut Kalla ingin mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia. “Maka dari itu kita harapkan industri mobil dapat bergerak di dalam negeri, agar pajak dalam negeri dapat diterima sehingga dapat membangun lebih banyak," jelas Kalla.

"Itulah mengapa pemerintah mendorong industri dalam negeri agar kegiatan ekonomi, pendapatan masyarakat dan juga pajak lebih tinggi sehingga penjualan lebih tinggi,” tutur JK. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual