Indonesia Tak Cuma Berpeluang Menjual, tapi juga Memproduksi XForce Hybrid

Mobil Listrik

Indonesia Tak Cuma Berpeluang Menjual, tapi juga Memproduksi XForce Hybrid

JAKARTA – Mitsubishi XForce hybrid pasti dirakit di Indonesia, seandainya jenama tersebut akhirnya memutuskan untuk menjualnya di sini.

Sekadar mengingatkan, XForce merupakan model pesaing Honda HR-V yang menjalani debut global di Indonesia, Agustus 2023 silam. XForce versi mesin bensin 1.5-liter diproduksi serta didistribusikan sejak pertengahan November 2023 di pabrik Cikarang, Bekasi.

XForce versi hybrid sendiri sudah dipastikan hadir di luar negeri pada masa mendatang. Dalam beberapa kesempatan, Mitsubishi mengakui sedang mempelajari peluang untuk menjualnya pula di Indonesia.

Lebih lanjut, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita menegaskan kalau pabrik Cikarang, Bekasi siap merakit XForce hybrid, andai kata mereka sudah memutuskan untuk menjualnya.

Mitsubishi XForce

“Kami memercayakan MMKI (PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, produsen Mitsubishi—Red) untuk bisa memproduksi XForce hybrid itu. Kami tidak ingin memperkenalkan model hybrid tapi impor karena memang tidak diperkenankan oleh pemerintah,” tegas Kurita di sela-sela seremoni produksi dan serah-terima XForce, 16 November 2023 di Cikarang, Bekasi.

Mitsubishi, lanjut dia, saat ini terus mempelajari potensi pasar XForce hybrid. Ini mereka lakukan dengan ‘mengintip’ sepak-terjang dari kompetitor sekelas XForce yang sudah terlebih dahulu merilis varian hybrid.

“Di Indonesia, sejujurnya, kami melihat dulu kondisi pasar. Kompetitor kami sudah mengenalkan hybrid di segmen XForce. Kami berusaha mempelajarinya dan kami akan siap memperkenalkan compact SUV hybrid di masa depan untuk Indonesia,” papar Kurita.

Mitsubishi XForce

Sekadar informasi, model sekelas XForce yang punya versi hybrid di Indonesia adalah Toyota Yaris Cross.

Berbeda dengan Toyota, Mitsubishi saat ini memang belum yakin menjual mobil hybrid di pasar otomotif Tanah Air. Prinsipal Mitsubishi di Jepang malah lebih dulu memastikan penjualan serta produksi Xpander hybrid di Thailand, meskipun multi purpose vehicle (MPV) ini menjalani debut globalnya di Bumi Pertiwi pada 2017 silam.

“Seperti yang bisa diketahui dari pengumuman Mitsubishi sebelumnya, di Thailand akan ada Xpander hybrid karena di sana ada kebijakan pajak yang menguntungkan. Harga mobil hybrid di Thailand lebih murah dibandingkan mobil konvensional,” tandas Kurita.

Meski begitu, lagi-lagi Kurita menyatakan pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi pun siap memproduksi Xpander hybrid, jikalau model itu kelak dipasarkan di sini.

“XForce hybrid dan Xpander hybrid akan berbagai teknologi yang sama. Jadi, (pabrik Cikarang) sangat pasti bisa dikembangkan (untuk memproduksi keduanya),” tutup dia. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang