iCar Asia Raih Hasil Positif di Kawasan Asia Tenggara

Berita Otomotif

iCar Asia Raih Hasil Positif di Kawasan Asia Tenggara

JAKARTA – iCar Asia Limited, pemilik dari jaringan portal otomotif di tiga negara Asia Tenggara merilis laporan keungan 2016.

Meski mengakui bahwa pada tahun 2016 pasar otomotif Asia Tenggara penuh tantangan yang terlihat dari menurunnya penjualan mobil baru di Malaysia dan Thailand serta perlambatan perumbuhan di Indonesia, namun transformasi digital dari industri otomotif justru meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya konsumen yang menggunakan situs internet untuk membeli dan menjual mobil.

Indonesia
Jumlah leads (peminat pada kendaraan yang diiklankan)  di tahun 2016 meningkat sebesar 50 persen di banding tahun sebelumnya karena banyaknya mobil baru di tahun tersebut. Pada periode yang sama, jumlah bump dealer per bulannya pada tahun 2016 meningkat 44 persen. Hasil ini membuat pendapatan tahun 2016 meningkat sebesar 152 persen dibanding tahun sebelumnya dan membuat iCar Asia memasuki level baru yaitu ‘monetisation’. Dari jumlah tersebut, classified menjadi penyumbang pendapatan terbesar.

Thailand
Pengunjung situs meningkat hingga 22 persen di tahun 2016 dibanding  tahun sebelumnya. Sementara jumlah leads meningkat 17 persen pada periode yang sama. Penambahan situs baru di Thailand pada tahun 2015 mulai terasa dampak positifnya di tahun 2016. Penambahan situs ini membawa jumlah listing meningkat 11 persen dibanding tahun sebelumnya. Hasil ini pun membawa dampak positif pada pendapatan yang meningkat 12 persen dari tahun sebelumnya. Menariknya, pada kuartal keempat pemasukan meningkat 22 persen dibanding kuartal ketiga.

Malaysia
Hingga akhir Desember 2016, jumlah pengunjung situs meningkat 90 persen dibanding tahun 2015. Jumlah pengunjung ini membawa peningkatan jumlah leads hingga 14 persen. Jumlah listing kendaraan pun meningkat 35 persen sementara jumlah akun meningkat 25 persen.

Meski jumlah pendapatan hanya meningkat 2 persen pada tahun 2016, namun iCar Asia berhasil memanfaatkan momentum bisnis dengan meningkatkan jumlah pendapatan sebesar 22 persen pada kuartal 4 dibanding kuartal 3.

Secara keseluruhan, iCar Asia berhasil mendapatkan 6,67 juta dolar Australia (Rp 68.4 miliar) atau meningkat 6 persen dibanding tahun sebelumnya. Ini adalah hasil yang baik mengingat tahun 2016 merupakan tahun berat bagi industri otomotif di Asia Tenggara.

Pada tahun 2017, iCar Asia akan melakukan beberapa strategi baru. Strategi yang menjadi prioritas adalah

  1. Melakukan pemasaran melalui iklan di TV untuk mendorong penggunaan aplikasi.
  2. perbaikan aplikasi untuk dealer mobil bekas dan harga baru.
  3. Membuat posisi baru untuk New Car Dealer dan OEM.
  4. Melakukan segmentasi pengunjung untuk mendorong penjualan media dan pertumbuhan pendapatan.
  5. Memperluas bisnis ke kendaraan komersial, sepeda motor dan suku cadang serta aksesoris.

“Kuartal pertama tahun 2017 akan ada beberapa peluncuran fitur baru. Aplikasi baru akan mengirimkan pesan dan membuat bisnis serta leads di masing-masing negara meningkat,” ungkap Hamish Stone, CEO of iCar Asia Limited. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support