Husqvarna Akan Produksi 200 Ribu Motor di Pabrik Bajaj

Berita Otomotif

Husqvarna Akan Produksi 200 Ribu Motor di Pabrik Bajaj

PUNE – Bajaj dan KTM akan memproduksi Husqvarna di India guna memperingati sepuluh tahun kebersamaan di bidang otomotif.

Selama beberapa tahun belakangan ini, KTM telah memproduksi kendaraan di negeri Bollywood. Bekerjasama dengan Bajaj selaku produsen sepedamotor dan kendaraan komersial lokal. Setelah sepuluh tahun berkolaborasi, kini mereka berekspansi dengan memproduksi Husqvarna.

Keputusan ini terdengar Husqvarna memproduksi kendaraan di India cukup mengejutkan. Namun jika dilihat dengan seksama, KTM dan Husqvarna merupakan brand yang sama-sama menawarkan motor jenis offroad.

KTM selama ini dikenal sebagai produsen sepedamotor yang selalu menghadirkan kendaraan dengan spek tinggi di Austria. Mereka juga melakukan kontrol ketat pada setiap produk yang dihasilkan. Hal tersebut diperkirakan menjadi bahan pertimbangan penting bagi Husqvarna.

Husqvarna kabarnya akan memproduksi model Svartpilen dan Vitpilen 401 di India. Kedua model tersebut menggunakan basic mesin yang sama dengan KTM 390 yang telah diproduksi di India. Selain memproduksi motor, Huskies melihat potensi pasar yang cukup besar di negara Bollywood.

Keputusan Husqvarna dinilai berbagai pihak merupakan langkah bisnis yang efektif. Karena dengan memproduksi motor di India selain bisa melakukan efisiensi biaya produksi, mereka juga bisa menghilangkan pajak impor.

Target yang ingin dicapai oleh Bajaj dengan adanya kerjasama ini cukup besar. Mereka hendak memproduksi setidaknya 100 ribu unit mesin KTM dan Husqvarna tahun ini. Kemudian setahun berikutnya, mereka menggandakan target dua kali lipatnya.

Meskipun targetnya tidak sebesar pabrikan Jepang, namun langkah KTM dan Huskies dipercaya dapat merubah segmen pasar keduanya dari pemain di kelas terbatas menjadi pemain penting secara global.

Husqvarna merupakan brand yang didirikan pada 1903. Hingga kini, mereka menjadi brand tertua kedua setelah KTM. Huskies menjalin kerjasama dengan dengan pada 2013. Tahun lalu, mereka hanya mampu menjual sebanyak 30 ribu kendaraan. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual