Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Harga Velg Astro Termurah, Kualitas Terbaik

Panduan Pembeli

Harga Velg Astro Termurah, Kualitas Terbaik

JAKARTA - Harga velg sejatinya menjadi pertimbangan utama, khususnya bagi pemilik mobil yang punya bujet pas-pasan. Dari sekian banyak pilihan velg yang dijual di Indonesia, mulai dari velg impor hingga lokal tersedia.

Namun, jika memilih velg berdasarkan harga, maka ada salah satu merek velg mobil yang bisa jadi pertimbangan utama. Merek velg tersebut adalah velg Astro Wheels.

Harga velg Astro terbilang relatif murah jika dibandingkan dengan merek velg lokal sekalipun. Namun, siapa sangka bahwa velg Astro ini buatan dari China atau impor.

Kualitas Velg Impor Harga Termurah

Velg Astro yang buatan China ini mungkin menimbulkan banyak pertanyaan. Apakah kualitasnya sama dengan velg bawaan OEM (pabrikan mobil) atau merek velg asal Jepang?

Ternyata meskipun buatan China, velg Astro diproduksi dengan teknologi terkini. Teknologi yang sudah diterapkan oleh merek-merek velg terkenal di dunia.

Teknologi tersebut ada dua jenis. Pertama teknologi pembuatan velg dengan teknik Casting. Proses pembuatan casting ini sebenarnya pakai teknik cor alumunium.

Pertama aluminium dipanaskan sampai mencapai keadaan cair. Aluminium cair kemudian dituangkan ke dalam cetakan di mana akan dilemparkan ke dalam bentuk akhirnya dengan bantuan ruang hampa. Setelah gips mendingin, gips dibuka lalu dipahat dengan mesin hingga sesuai desain yang sempurna.

Selanjutnya proses pembuatan velg Astro menggunakan teknik Flow Forming, dan Forging. Teknologi Flow Forming melibatkan penerapan tekanan pada bagian dalam velg, saat berputar dan setelah dicor. 

Proses ini pakai teknik meregangkan dan memampatkan aluminium padat. Dalam hal ini proses tersebut memiliki sifat yang mirip dengan yang ditemukan dalam proses forging. Dimana bentuk velg akan dipahat sesuai desain. 

Bedanya dengan casting, proses flow forming tidak menggunakan cetakan, tapi diukir langsung dari aluminium yang padat. Dengan proses pembuatan yang lebih detail, maka harga velg dengan flow forming jadi lebih mahal dibandingkan dengan proses casting.

Tipe dan Harga Velg Astro

Merek velg Astro Wheels ini memang baru masuk Indonesia, di awal tahun 2022. Tapi urusan pilihan yang dijual di pasar ternyata velg Astro sudah tersedia beragam jenis.

Mulai dari tipe elegant, stance, racing, velg JDM, dan velg off-road. Sejak awal tahun hingga sekarang, velg Astro sudah punya 300 jenis velg untuk mobil yang dipasarkan di Indonesia.

Sementara dari sisi ukuran, velg Astro Wheels juga sangat beragam. Mulai dari ukuran Ring 15, Ring 16, Ring 17, Ring 18 hingga Ring 20.

Target pasar yang coba disasar oleh velg Astro ini adalah kalangan menengah atau mobil produksi massal yang tidak terlalu mahal. Sebut saja mobil jenis LCGC hingga low MPV.

Mengingat harga yang terjangkau maka memang wajar merek tersebut memilih konsumen di segmen itu.  Dengan harga berkisar Rp3 jutaan, pemilik mobil sudah bisa membeli satu set velg Astro ini.

Lebih detailnya, kisaran harga velg Astro satu set dan belum termasuk harga ban baru seperti berikut:

  • Untuk Ring 15 (R15) dibanderol mulai dari Rp3,7 hingga 4 jutaan.

  • R16 mulai dari harga Rp4 sampai 4,3 juta.

  • R17 dari harga Rp4,8 – 5,1 juta

  • R18  dipatok harga dari Rp5,8-6,2 juta.

  • R20 mulai dari harga Rp8,5 hingga 10,5 juta. 

 Meskipun harganya murah, tapi sekali lagi velg Astro ini sudah lolos uji SNI. Dan melihat detail jadi velg Astro ini terlihat hasil akhirnya lebih baik ketimbang merek velg lokal.

“Velg lokal itu belum bisa bersaing dari sisi bobot. Dan kami pastikan kualitas finishing velg Astro lebih baik dari velg lokal yang dijual,” kata Kevin Sulaiman, selaku Product Manager Astro Wheels.

Uji Kualitas Velg Astro

Seperti dijelaskan sebelumnya, kualitas velg Astro wheels ini sangat baik karena telah lolos pengujian. Ada beberapa proses pengujian yang harus dilalui merek velg asal China ini.

Pertama uji Impact.  Caranya dengan menjatuhkan beban seberat 210-400 kg ke bibir velg. Untuk melihat apakah velg pecah atau tidak jika membentur sesuatu setelah dipakai.

Lalu ada uji Dynamic Radial. Pengujian ini dilakukan dengan cara, menguji kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan. Velg dijalankan dengan kecepatan 40 km per jam selama 500 ribu putaran (cycles) atau setara dengan 2.600 Km jarak tempuh.

Ada juga pengujian Torsion. Ini bertujuan untuk mengetes kekuatan puntir velg. Caranya melakukan tes ini adalah dengan melakukan pengereman pada mobil.

Terakhir ada Bending Test. Pengujian ini dilakukan saat velg menhadapi maneuver belokan di jalan. Beban velg yang akan ditumpu pada as roda diputar sebnayak 200 ribu putaran.

Dari keseluruhan test tersebut velg Astro berhasil lolos dengan baik dan layak untuk dijual di pasar after market Indonesia. 

Outlet Velg Astro untuk Cek Harga

Velg Astro Wheels ini bisa Anda dapatkan pada outlet Ottoban Indonesia. Seperti diketahui oulter tersebut sudag tersebar di 40 cabang pada wilayah Jabodetabek, Karawang, Cikarang, Bandung, Cirebon, Semarang, Palembang, Bali, hingga Surabaya.

Sebelum membeli velg mobil ini atau ketika masih bingung dengan tipe atau varian mana yang cocok dengan mobil Anda, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan sales di outlet Ottoban setempat atau dekat dengan lokasi Anda. [Tts]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Dimas Hadi

Dimas Hadi

Author

Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang