Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Harga LCGC Diizinkan Naik, Honda Yakin Konsumen akan Mengerti

Berita Otomotif

Harga LCGC Diizinkan Naik, Honda Yakin Konsumen akan Mengerti

JAKARTA – Honda yakin para konsumen bakal memahami jika nantinya harga mobil-mobil low cost green car (LCGC) naik, setelah aturan dari pemerintah keluar.

Sabagai informasi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) segera mengizinkan kenaikan harga bagi segmen mobil murah yang dikendalikan pemerintah tersebut.

Menurut informasi terakhir dari mereka, besarannya maksimal Rp5 juta. Ini merupakan revisi dari pernyataan sebelumnya yaitu 5 persen.

Business Innovation, Sales, and Marketing PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengaku masih sulit berkomentar banyak. Honda sendiri kini menantikan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan kenaikan harga LCGC diterbitkan pemerintah.

LCGC Honda Brio Satya

Tapi, Billy yakin para konsumen bakal mengerti jika harga mobil-mobil LCGC kelak benar-benar naik.

“Itu saya rasa mudah dimengerti dengan adanya kenaikan biaya produksi, biaya logistik, inflasi. Dengan adanya efisiensi yang kami lakukan selama ini dan akhirnya terjadi penyesuaian saya rasa konsumen akan mengerti,” nilai dia, menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, 16-26 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

LCGC merupakan segmen yang diinisiasi pemerintah pada 2013.

Tujuan mereka adalah menciptakan segmen mobil bermesin konvensional berkapasitas mesin kecil, relatif ramah lingkungan, dan berharga murah. Pemerintah pun membatasi harganya.

Honda Brio

Awalnya, Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) LCGC adalah 0 persen. Kemudian, tarifnya direvisi menjadi 3 persen lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 juncto PP Nomor 74 Tahun 2021.

Tarif itu tetaplah yang terendah di antara mobil-mobil konvensional lainnya.

Para ‘pemain’ di segmen LCGC saat ini adalah Toyota Agya, Toyota Calya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya.

Billy percaya segmen LCGC masih potensial, seandainya pun harganya benar-benar naik. Pasalnya, di Indonesia, masih banyak orang yang ingin berpindah dari sepeda motor atau kendaraan umum ke mobil pribadi.

“Orang yang mau mengganti dari kendaraan roda dua atau kendaraan umum ke mobil pribadi itu (memilih) LCGC, biasanya. Sebanyak 70 persen konsumen (Brio Satya) kami adalah first car buyer (pembeli mobil pertama). Jadi, itu (kenaikan harga) saya rasa tidak akan menurunkan pasar LCGC,” pikirnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang