Hanya Rp 200 Ribu, Odometer Digital Mobil Kembali Nol

Panduan Pembeli

Hanya Rp 200 Ribu, Odometer Digital Mobil Kembali Nol

BOGOR - Anda mau odometer digital mobil kembali nol, setidaknya kembali ke angka rendah? Gampang sekali caranya Mobilovers. Menurut Fischer Lumbantoruan General Manager Mobil88, prosesnya tidak lebih dari 15 menit dan hanya mengeluarkan dana paling tinggi Rp 200 ribu.

"Persepsi pemilik mobil dengan (odometer) km digital tidak bisa diputar ternyata salah. Odometer digital bisa diputar dengan biaya Rp 200 ribu," kata Fischer.

Menurutnya, pemilik mobil cukup mengunjungi bengkel mobil yang bisa mengerjakan pekerjaan ini. "Bengkel-bengkel itu biasanya punya alat, ukurannya kecil dan tinggal colok ke laptop dan mobil. Software pendukungnya dijamin buat odometer kembali rendah," ucapnya.

Dijelaskan Fischer, modus ini biasa dilakukan oleh pedagang mobil bekas 'nakal' untuk menipu konsumen. Calon konsumen kerap tertipu dengan jarak tempuh masih rendah, harga mobil pun bisa mahal.

"Banyak 'ninja' (pedagang) mobil bekas. Karena itu calon konsumen harus melakukan beberapa pengecekan seperti mesin kaki-kaki, dan interior," sarannya.

Salah satu cara untuk mengungkap jarak tempuh masih rendah adalah dengan melihat kondisi ban, karet-karet mobil, lingkar kemudi, interior mobil seperti kondisi jok mobil. Mobil dengan jarak tempuh tinggi biasanya kondisi joknya kusam, begitu juga dengan lingkar kemudi yang menipis.

"Memang sulit mengeceknya (odometer digital). Maka dari itu harus cermat mengecek ban, interior dan lain," imbuhnya.

Dia menambahkan lebih gampang dengan odometer analog yang menggunakan putaran mekanis untuk menggerakkan angka yang ditunjukkan pada odometer. "Cara ngecek tinggal pelototin ada bekas congkelan atau tidak. Biasanya odometer analog yang pernah diputar meninggalkan bekas," tutupnya. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support