Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hamilton Kandaskan Vettel di F1 Canada

Berita Otomotif

Hamilton Kandaskan Vettel di F1 Canada

MONTREAL – Pada pertarungan di F1 Kanada 2016, Sebastian Vettel dari Ferrari sempat memimpin balapan, berkat start yang fantastis. Sayangnya kepemimpinan tersebut berhasil direbut oleh Lewis Hamilton dari Mercedes berkat strategi 1 kali pit stop.

Valtteri Bottas menduduki posisi ketiga dan memberikan podium pertama bagi Williams pada musim ini. Sementara itu Rio Haryanto, pembalap asal Indonesia dari Manor Racing yang start paling buncit kembali berhasil finish meski harus puas di posisi terakhir.

Strategi Ban
Saat start berlangsung, pertarungan sengit langsung terjadi. Sebastian Vettel berhasil melesat melewati duo Mercedes di depannya saat memasuki tikungan pertama. Hamilton yang start di posisi pertama harus turun 1 posisi  sementara rekan satu timnya, Nico Rosberg harus turun ke posisi 9 karena sempat melebar.

Vettel berhasil memimpin balapan hingga Ia harus masuk pit pada lap ke-11. Di sini, Ia mengganti bannya dengan ban supersoft. Sementara itu Hamilton pun melenggang memimpin balapan hingga 13 lap kemudian. Namun, posisinya kembali ke posisi ke-2 setelah Ia masuk ke pit stop di lap 24 dan memilih ban soft.

Lap ke-38, Vettel kembali masuk ke pit stop. Masuknya Vettel ke pit berhasil dimanfaatkan Hamilton untuk kembali merebut posisi pertama. Jarak antara mereka hanya 7,8 detik dan sempat berkurang hingga hanya 4,3 detik pada lap ke-55. Sayangnya, Vettel melakukan kesalahan saat meningkung sehingga jarak mereka kembali melebar. Kesalahan yang sama diulangi 5 lap kemudian dan membuat jarak keduanya semakin melebar.

Kesalahan tersebut disebut-sebut bukan murni kesalahan Vettel, namun kesalahan strategi ban. Ban soft yang digunakan mampu bekerja maksimal bila di lintasan memiliki suhu 40 derajat celcius, sementara saat perlombaan, suhu tidak lebih dari 23 derajat.

Sementara itu Rio Haryanto yang start di posisi ke-20 berhasil finish di urutan ke-19. Ia menggunakan strategi 2 pit stop dan berjarak 2 lap dari Lewis Hamilton. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang