Giliran Audi Diterpa Isu Emisi Karbon

Berita Otomotif

Giliran Audi Diterpa Isu Emisi Karbon

CALIFORNIA - Volkswagen kembali diterpa isu baru. Setelah sebelumnya mereka tersandung skandal dieselgate, kini Audi, produsen mobil dibawah naungan VW Group pun diterpa isu tak sedap.

California Air Resources Board (CARB) seperti dilansir Carscoops, dikabarkan menemukan masalah serupa pada mobil-mobil bertransmisi otomatis milik Audi. Pabrikan yang bermarkas di Jerman ini diduga menggunakan softwere serupa dengan yang digunakan VW diesel.

Perangkat tersebut tidak hanya digunakan pada mobil mobil diesel dan bensin di Amerika namun juga di Eropa dan telah disematkan pada beberapa tipe kendaraan bertransmisi otomatisi.

Cara kerja dari alat ini tergantung dari putaran setir. Dimana jika posisi lingkar kemudi tidak berubah, maka softwere tersebut akan mendeteksi kondisi pengujian lab dan aktif serta program gear shifting akan memproduksi karbondioksida lebih sedikit. Jika roda kemudi diputar lebih dari 15 derajat, maka pola akan diubah kembali ke normal.

Audi dikabarkan telah berhenti menggunakan sofwere ini pada bulan Mei 2016. Artinya tepat sebelum CARB menemukan mobil yang terlibat dan sebagian besar insinyur yang terlibat di dalamnya telah di-suspended.

Belum ada berita lebih lanjut seputar tidakan apa yang selanjutnya dilakukan Audi dan juga CARB. Bukan tidak mungkin Audi akan senasib dengan saudaranya VW yang mendapat sanksi cukup berat. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123       
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual