GIIAS 2021 Berakhir, Ini Jadwalnya Tahun Depan

Berita Otomotif

GIIAS 2021 Berakhir, Ini Jadwalnya Tahun Depan

TANGERANG  - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 berakhir hari ini, Minggu (21/11/2021). Pihak penyelenggara pameran otomotif tersebut telah menyiapkan jadwal GIIAS 2022. 

GIIAS 2021 resmi dibuka pada 11 November oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Puluhan merek kendaraan turut ambil bagian dalam meramaikan pameran otomotif terbesar di Indonesia itu. 

Sekira 17 di antaranya berasal dari merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Kemudian ada 4 merek kendaraan komersial, seperti Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

Kemeriahan GIIAS tahun ini semakin terasa berkat kehadiran beberapa mobil-mobil terbaru yang meluncur di hari pertama, seperti All New Xenia, All New Isuzu MU-X, Kia Grand Carnival, Hyundai Creta, dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan ada pula deretan mobil konsep yang semakin menambah kemeriahan, seperti Honda RS SUV Concept, Lexus LF-30, Hyundai Prophecy, dan lainnya.

Meski digelar di tengah pandemi Covid-19, pameran otomotif yang sudah absen dua tahun itu berjalan mulus dengan protokol kesehatan yang ketat.

Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GIIAS 2021 dalam acara seremonial penutupan pameran yang berlangsung Sabtu, (20/11/2021) mengungkapkan rasa syukur pameran ini bisa berjalan dengan lancar, baik, tertib, dan aman. 

"2020 tidak ada GIIAS, 2021 mundur terus sehingga waktu kami putuskan akhirnya di bulan November antusiasme dari peserta juga cukup besar. Syukur Alhamdulillah pemerintah membantu bagaimana caranya supaya pandemi bisa melandai. Akhirnya, dampaknya kepada GIIAS menjadi positif," ungkap Rizwan.

Pada kesempatan yang sama, Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menuturkan, penyelenggaraan pameran otomotif kali ini mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah.

“Pemerintah membantu sekali untuk penyelenggaraan GIIAS kali ini, dan Presiden juga menyempatkan hadir.” kata Nangoi.

Setelah GIIAS 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang akan dilanjutkan dengan GIIAS Surabaya, 8-12 Desember, bertempat di Grand Coty Convex. 

Kemudian, delapan bulan setelahnya baru dilaksanakan GIIAS 2022. 

"Kami sudah mempersiapkan buat GIIAS tahun depan. Kami juga sudah persiapkan tanggalnya, yaitu 11 sampai 21 Agustus 2022 di ICE," terang Romi Project Director Seven Event, organizer penyelenggara GIIAS.

Gaikindo Jakarta Auto Week

Selain GIIAS, tahun depan akan ada juga pameran otomotif yang berfokus pada penjualan mobil. 

"Kami merencanakan pameran khusus untuk penjualan selain dari pameran yang biasa kami lakukan yang disebut Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW)," kata Nangoi.

Pameran tersebut diadakan atas inisiatif dari Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Kemarin pak Menperin menekankan sekali lagi untuk betul-betul ini (Gaikindo Jakarta Auto Week) dilaksanakan dengan baik karena hal itu akan membantu pemulihan lebih lanjut lagi daripada industri otomotif," pungkas dia. 

GJAW rencananya akan diselenggarakan pada 5 sampai 13 Maret 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Penulis: Santo Sirait




Berita Utama


Komentar