Ford Indonesia Tutup, Brand Amerika Bertumbangan

Berita Otomotif

Ford Indonesia Tutup, Brand Amerika Bertumbangan

JAKARTA - Setelah General Motors (GM) menutup pabrik Chevrolet mereka di Indonesia, kini giliran Ford Indonesia yang gugur. Bahkan, Ford mengumumkan akan menutup semua lini bisnis mereka di Indonesia.

Seperti diketahui, tahun lalu Chevrolet mengumumkan menghentikan produksi Chevrolet Spin di Indonesia dan hanya akan bertugas sebagai distributor semata.

Pabrik Chevrolet di Bekasi itu ditutup karena ekonomi global. 500 karyawan pabrik pun terkena dampak akibat penutupan tersebut.

Fasilitas manufaktur Chevrolet ini dibuka pada 1995 tapi sempat ditutup pada 2005. General Motors (GM) kemudian mengaktifkan kembali pabrik ini pada Februari 2013 dengan kucuran investasi US$ 150 juta. 

April 2013 Spin mulai diproduksi dan produksinya berlangsung sampai 30 Juni 2015. Inilah satu-satunya model yang dilahirkan di sana. Spin dikirim ke Thailand dan Filipina.

Tapi langkah yang diambil Ford Indonesia lebih drastis lagi. Ford mengatakan akan menutup seluruh operasi mereka di paruh kedua 2016. PT Ford Indonesia bahkan akan menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford.

Namun, Managing Director, Ford Motor Indonesia Bagus Susanto mengatakan pelanggan masih akan bisa menikmati layanan servis dan garansi.

"Kami berkomitmen untuk menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kami dan akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru," kata Bagus.

"Kami berterimakasih atas minat, dukungan dan kesetiaan Anda terhadap merek Ford," tambahnya.

"Kami berterimakasih atas minat, dukungan dan kesetiaan Anda terhadap merek Ford. Dan kami akan terus mengkomunikasikan perkembangan yang ada melalui website ini dalam melalui fase peralihan ini," tulis Ford di website resmi mereka.

"Apabila Anda ada pertanyaan, silakan menghubungi Ford Customer Service kami di 0807-1-90-9000." 

Ada pun pabrikan Amerika lain seperti Chrysler dan Dodge penjualannya tidak terlalu besar. Hanya brand Jeep yang terlihat cukup mampu bertahan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual