Ford Gandeng Nokia

Berita Otomotif

Ford Gandeng Nokia

JAKARTA - Demi menciptakan sebuah kendaraan yang ramah lingkungan, Ford dan Nokia pun bekerja sama. Dalam kerjasama ini, mereka akan mengembangkan sebuah sistem yang dapat mengatur efisiensi energi dari teknologi plug-in hybrid dalam sebuah perjalanan yang sudah diatur oleh sang pengendara.

Sistem GreenZone adalah nama penelitian dari kerjasama tersebut. Sistem ini memungkinkan pengendara untuk mengatur zona dalam peta yang dikeluarkan oleh Nokia baik yang ada di telepon genggam, komputer atau sistem navigasi di dalam kendaraan.

Software kendaraan nantinya akan secara otomatis memindahkan sumber tenaga menjadi ke motor listrik ketika kendaraan masuk ke dalam zona tersebut. Dengan demikian, pengemudi dapat mengatur di area mana yang paling efisien untuk menghemat bahan bakar.

Johannes Kristinsson, Ford Supervisor of Advanced Connected Features mengatakan bahwa ini masih merupakan penelitian awal “Kami masih ada waktu beberapa tahun lagi untuk mengembangkan ini sebelum akhirnya masuk ke produksi massal,” ungkapnya.

Ford pun mendemonstrasikan teknologi ini di seputaran kantor pusat Ford yang berada di Dearborn, Mich. Ketika memasuki kawasan yang sudah dipetakan, maka mesin akan secara otomatis mati dan masuk ke motor listrik. Sementara ketika keluar dari zona tersebut, maka mesin konvensional langsung menyala kembali, sesuai dengan yang sudah dipetakan sebelumnya.

Menarik ya?

Untuk mencari mobil idaman, temukan di Mobil123

Terus pantau perkembangan dunia otomotif melalui Facebook dan Twitter kami.

Tag Terkait


Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual