Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

First Drive Mitsubishi XForce: Wet Mode Bukan Cuma Gimik, Perbedaannya Terasa!

Review

First Drive Mitsubishi XForce: Wet Mode Bukan Cuma Gimik, Perbedaannya Terasa!

KARAWANG – Wet Mode pada Mitsubishi XForce bukan sekadar gimik. Mode ini benar-benar meningkatkan performa kendaraan secara signifikan ketika melintasi jalanan dengan kondisi basah atau tergenang air.

Hal tersebut Mobil123.com rasakan dalam Media First Drive XForce, Kamis (7/9/2023) kemarin di Bridgestone Proving Ground, Kawarang, Jawa Barat.

Ada dua jenis trek di lokasi yang Mitsubishi persiapkan untuk mengetes Wet Mode XForce. Selain terdapat lintasan melingkar 360 derajat yang sudah tergenang air, ada pula lintasan zig-zag yang secara rutin disiram air dan tentunya menjadi lebih licin.

XForce sendiri debut global di Tanah Air pada 10 Agustus 2023 kemarin. Pesaing Honda HR-V ini punya empat mode berkendara yakni Normal Mode, Wet Mode, Gravel Mode, dan Mud Mode.

Harga on the road (OTR) Jakarta XForce Rp382,5 juta untuk tipe Exceed CVT dan Rp419,1 juta untuk tipe Ultimate CVT.

Mitsubishi XForce

Pertama-tama, bundaran 360 derajat yang basah Mobil123.com lewati pertama kali dengan Normal Mode dengan kecepatan di atas 50 km per jam.

Dengan mode itu, Active Yaw Control (AYC) plus Traction Control System (TCS) yang melengkapi XForce sebenarnya sudah terasa bekerja mengatur pengereman di setiap roda, sehingga tidak terjadi understeer dan oversteer. Namun, kinerja keduanya belum begitu sensitif sehingga mobil berada di posisi agak luar dari lingkaran.

Kondisinya berubah ketika Wet Mode diaktifkan. Setir menjadi lebih berat, kemampuan akselerasi ketika pedal gas diinjak menurun, dan AYC menjadi lebih sensitif mengatur pengereman.

TCS juga makin ‘awas’ memonitor traksi pada setiap ban.

Alhasil, mobil menjadi lebih stabil bermanuver dan posisinya konsisten berada di sisi dalam lingkaran. Padahal, kecepatan Mobil123.com tingkatkan di sekitar 55 km per jam.

Mitsubishi XForce

Mobil123.com juga beberapa kali melibas trek zig-zag basah. Tapi, bedanya, Wet Mode selalu diaktifkan saban kali melintasinya.

Hingga kecepatan di atas 60 km per jam di dua percobaan pertamanya, pengendaliannya masih stabil dibawa berkelok-kelok, tanpa ada gejala oversteer atau understeer. Sasis rigid dan suspensi XForce yang relatif kaku juga membantu body roll agar tak terlampau limbung.

"Mungkin ada orang-orang yang anggap (Wet Mode) ini gimik. Tapi, kenyataannya adalah tidak. Perubahannya akan terasa sekali," tegas Product Appeal Evaluation Department Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Masahiro Tamura di sela-sela acara.

Di samping trek bundaran 360 derajat dan zig-zag yang basah, ada pula trek bumpy (bergelombang) untuk mengetes kenyamanan suspensi XForce.

Istimewanya, meskipun suspensi XForce cenderung kaku, tidak sampai muncul getaran dan guncangan yang sangat mengganggu di dalam kabin pada kecepatan 60 km per jam karena kemampuan peredamannya yang ciamik. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang