Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Enggak Tanggung-tanggung, Toyota Kuasai 52 Persen Pasar MPV Indonesia

Berita Otomotif

Enggak Tanggung-tanggung, Toyota Kuasai 52 Persen Pasar MPV Indonesia

JAKARTA – Toyota mengklaim menguasai lebih dari separuh pasar multi purpose vehicle (MPV) di Indonesia.

Total penjualan wholesales (distribusi pabrikan ke diler) delapan MPV Toyota pada Januari-Desember 2022, menurut keterangan resmi pada awal pekan ini, digadang-gadang mencapai 191.010 unit.

Terdapat kenaikan 21 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Adapun daftar modelnya, jika menilik situs resmi mereka, terdiri dari Toyota Calya, Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Sienta, Toyota Kijang Innova/Kijang Innova Zenix, Toyota Voxy, Toyota Alphard, Toyota Vellfire.

Model-model tersebut diklaim menyumbang 52 persen dari pasar MPV nasional. Sementara, kontribusi ketujuh model itu terhadap penjualan Toyota mencapai 57,64 persen.

All New Toyota Veloz

Model MPV Toyota paling laris adalah Avanza, dengan suplai sebanyak 60.619 unit ke pasar. Jika digabungkan dengan Veloz, angkanya menjadi 92.641 unit.

Kijang Innova dan Kijang Innova Zenix—generasi ketujuh yang meluncur November 2022—terdistribusikan sebanyak 46.933 unit.

“Angka penjualan Toyota sepanjang 2022 cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia yang mengarah ke sana (MPV), di mana kemampuan akomodasi barang dan orang dari MPV yang optimal menjadi favorit masyarakat Indonesia,” nilai Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy terhadap pencapaian mereka.

Sebagai informasi, MPV masih menjadi salah satu jenis mobil favorit masyarakat Indonesia.

Namun, menurut pelaku industri dalam berbagai kesempatan, kepopulerannya sekarang sudah makin tersaingi oleh kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV).

Toyota Kijang Innova Zenix

Lebih lanjut, Toyota sendiri sepanjang tahun lalu membukukan penjualan wholesales 331.410 unit. Terjadi kenaikan 12,1 persen yoy dari sebelumnya 295.768 unit.

Total pasar mobil nasional untuk seluruh segmen, di sisi lain, tumbuh 18,1 persen yoy dari 887.202 unit menjadi 1.048.040 unit.

Pangsa pasar Toyota, jika menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengecil dari 33,3 persen menjadi 31,6 persen.

“Semakin membaiknya perekonomian nasional dan peningkatan daya beli masyarakat memberikan dampak positif terhadap kinerja penjualan industri otomotif, termasuk Toyota. Kami bersyukur hingga saat ini masih bisa berjalan selaras dengan pasar serta mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan sepanjang 2022 hingga mencapai lebih dari 331.000 unit,” ujar Vice President Director TAM Henry Tanoto. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang