DFSK: Suku Cadang Kami Pasti Tersedia dengan Harga Kompetitif

Berita Otomotif

DFSK: Suku Cadang Kami Pasti Tersedia dengan Harga Kompetitif

JAKARTA – Dongfeng Sokon (DFSK), pemain baru asal China di jagad otomotif Indonesia, menjanjikan ketersediaan stok suku cadang fast moving serta kesigapan pengiriman suku cadang yang bersifat darurat di seluruh dealer sales, service, spare parts (3S) mereka. Selain itu, DFSK berjanji memberikan biaya suku cadang dan servis yang kompetitif dibandingkan para kompetitor.

DFSK masuk ke Indonesia dengan membangun pabrik perakitan berkapasitas 50 ribu unit per tahun di Cikande, Serang, Banten yang diresmikan pada akhir 2017. Pada April 2018, model pertama mereka yaitu sport utility vehicle (SUV) Glory 580 bermesin 1.5-liter turbo meluncur di Tanah Air.

DFSK, ketika diwawancarai Mobil123.com, menegaskan keseriusan mereka untuk memberikan kepuasan bagi konsumen melalui pembangunan jaringan 3S yang agresif dari ujung barat hingga timur. Di samping itu, layanan purnajual dilakukan secara sigap serta berbanderol terjangkau.

Sugiartono, After Sales Service Supervisor PT. Sokonindo Automobile, menjelaskan kesiapan stok di pasar dilakukan lewat keharusan jaringan 3S untuk memesan dan menyetok suku cadang fast moving yang dibutuhkan untuk perawatan dalam jumlah yang cukup sesuai perkiraan dealer. Hal ini pun dicantumkan dalam contract service antara dealer 3S dengan DFSK.

“Jadi, ketersediaan suku cadang fast moving di dealer 3S sudah menjadi keharusan dari kami. Saat dealer 3S itu dibuka, otomatis suku cadang-suku cadang itu tersedia,” tandasnya.

Regular Order dan Emergency Order
Untuk suku cadang slow moving sendiri akan dipesan oleh dealer sebagai regular order atau emergency order. Sugiartono menjelaskan bahwa emergency order, dengan waktu pengiriman maksimal tiga hari, harus dilakukan oleh dealer terhadap suku cadang yang punya peran sangat vital untuk dapat membuat mobil beroperasi di jalan.

“Itu untuk komponen-komponen yang bisa membuat VOR atau Vehicle Off The Road. Artinya, tanpa suku cadang tersebut, kendaraan tak bisa berjalan. Untuk komponen-komponen ini, kami sarankan dealer harus pesan dalam kategori emergency order. Misalnya saja fuel pump atau bahkan spion. Dalam perspektif kami spion pun VOR karena tanpanya mobil tak memenuhi syarat berada di jalan,” paparnya.

Sementara itu, regular order boleh dilakukan untuk berbagai komponen yang tanpanya mobil masih bisa beroperasi dan memenuhi syarat untuk berada di jalan raya. Regular order memerlukan waktu paling lama tujuh hari.

“Semua suku cadang sudah siap di Parts Center kami di Cikande, Serang. Artinya, suku cadang fast moving, slow moving, atau body parts pun sudah kami sediakan semua. Kebetulan, Parts Center kami masih satu area dengan pabrik,” pungkas Sugiartono.

Ia juga menjamin bahwa banderol suku cadang maupun harga servis DFSK kompetitif serta lebih efisien dibanding para pesaing. Sebentar lagi detailnya bakal dipublikasikan.

“Harga suku cadang dan perawatan berkala sedang  kami godok. Sudah lama kami buat, sedang proses finalisasi saja. Sebagai sedikit acuan, kami memang tetapkan semua harga, baik jasa dan suku cadang, dengan sangat kompetitif dan kami buat lebih efisien dari kompetitor,” tutupnya. [Xan/Ari]



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar