Denso Sodorkan Filter Udara Ramah Lingkungan

Berita Otomotif

Denso Sodorkan Filter Udara Ramah Lingkungan

TANGERANG - Lingkungan kini menjadi perhatian banyak pihak, tak terkecuali Denso. Produsen aftermarket asal Jepang tersebut baru saja mengenalkan Green Cabin Air Filter Denso, sebuah filter udara ramah lingkungan.

PT Denso Sales Indonesia sebagai bagian dari Denso Indonesia Group memamerkan produk tersebut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Di ajang ini, Denso yang mengusung tema “Smart Choice” hadir menampilkan inovasi mereka. Di booth seluas 112 meter persegi, mereka memamerkan mock-up/kerangka kendaraan yang berisi produk-produk unggulan dari Denso seperti Spark Plug (busi), Wiper, Horn (klakson), Oil Filter (Filter Oli), Air Filter (Filter Udara), Cabin Air Filter (Filter Udara kabin), Car Air Conditioner (AC) serta lain sebagainya.

Khusus untuk Green Cabin Air Filter, Denso mengatakan produk ini memberikan solusi bagi berbagai permasalahan udara dalam kabin kendaraan. Filter ini memiliki fungsi utama sebagai antivirus, antibakteri dan jamur, serta penghilang bau dan partikel kecil seperti debu, spora jamur maupun serbuk sari tanaman.

Lapisan hijau pada filter kabin mengandung zat kimia antivirus yang sudah teruji aman bagi manusia dan anti bakteri, serta karbon aktif untuk menyerap bau. 

Lapisan antivirus dan antibakteri berfungsi mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga udara lebih bersih bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah, seperti bayi ataupun para manula.

Filter juga bekerja ketika kendaraan sedang idle, terutama ketika berada dibelakang truk atau bus, filter menyingkirkan sumber gas buang yang mengganggu. Lapisan karbon aktif menjaga konsistensi dari sirkulasi dan ventilasi.

Tes terhadap anti virus dilakukan pada Agustus dua ribu sepuluh di Jepang, dengan metode pemberian cairan suspensi virus pada kepingan filter hijau Denso berukuran tiga centimeter kali tiga centimeter. Cairan suspensi tersebut diteteskan secara terus menerus selama dua puluh empat jam pada suhu kamar.

Setelah dua puluh empat jam dilakukan pengukuran terhadap tingkat infeksi virus, dengan menggunakan rumus Reed-Muench, dihitung berdasarkan tingkat infeksi virus per satu mililiter cairan yang terfilter, didapati tingkat eliminasi virus adalah sebesar sembilan puluh sembilan koma sembilan persen.

Pada eksperiemen pengujian anti bakteri yang dilakukan di Jepang dengan standar inspeksi JIS (Japanese Industrial Standard), dilakukan perbandingan terhadap pertumbuhan spora jamur selama 2 minggu. 

Produsen ini mengklaim kalau pada pengujian tanpa fungsi anti-bakteri, terjadi pertumbuhan bakteri pada spora, sementara pengujian dengan menggunakan anti-bakteri Denso, tidak ditemukan pertumbuhan bakteri pada spora jamur. 

Rutin Ganti Filter Udara
Untuk berkendara yang lebih nyaman, filter kabin harus diganti. Penggantian yang disarankan adalah setiap enam bulan atau setelah jarak tempuh sepuluh ribu kilometer, mana yang tercapai lebih dahulu. 

Penggantian filter secara berkala akan merevitalisasi fungsi anti virus mencegah masuknya serbuk, debu, bau knalpot, bakteri dan jamur kedalam kabin sehingga memastikan tersedianya udara bersih untuk berkendara yang lebih nyaman.

Filter udara kabin hijau ini kemasannya tersegel untuk menjaga fungsi anti virus dan penghilang bau serta disarankan untuk segera dipasang setelah segel dibuka. Filter ini tidak dapat digunakan kembali setelah dibersihkan, baik dengan dicuci maupun dengan peniupan udara. 

Untuk daerah-daerah dengan tingkat debu yang tinggi seperti daerah dingin dan daerah-daerah yang berlalu lintas padat, filter akan lebih efektif apabila diganti lebih sering dari yang disarankan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support