Daihatsu Sigra 2020: Mobil MPV Murah dengan Harga Terjangkau

Mobil Baru

Daihatsu Sigra 2020: Mobil MPV Murah dengan Harga Terjangkau

JAKARTA – Daihatsu Sigra 2020 merupakan mobil murah andalan keluarga di hingga pebisnis taksi online. Harga Sigra pun diklaim affordable untuk mereka yang ingin punya mobil pertama atau bisnis transportasi.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2016, Daihatsu Sigra terlahir kembar dengan Toyota Calya. Sebagai mobil murah atau LCGC (Low Cost Green Car) yang dipanjangkan, Sigra memiliki cukup banyak fitur sehingga menguntungkan para pemiliknya.

Berdasarkan data PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Daihatsu Sigra menjadi kendaraan paling laris. Dituliskan bahwa penjualan ritel (dealer ke konsumen) medio Januari hingga Mei 2020 Sigra mencapai 13.846 unit. Sementara penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mencapai 13.946 unit di periode yang sama.

Kontribusi model ini sebagai salah satu mobil terlaris ADM adalah 28.8 persen. Lebih tinggi dibandingkan Gran Max, Terios hingga Ayla dan Xenia. Hadir sebagai low MPV 7-penumpang, Sigra bisa diandalkan untuk bekerja keras.

Model ini mengincar konsumen dari berbagai kalangan. Pada umumnya keluarga yang membeli kendaraan ini baru naik kelas dari kendaraan roda-dua. Sebagai kendaraan pertama, para konsumennya terbantu dengan desain ciamik, fitur cukup memadai, dan biaya perawatan berkalanya terjangkau.

Paling penting dari kendaraan keluarga adalah kemampuannya menampung lebih banyak orang. Sigra 2020 menawarkan ruang untuk tujuh penumpang, meskipun pada kursi baris paling belakang, cukup sulit dimuat oleh orang dewasa karena keterbatasan ruang.

Eksterior Daihatsu Sigra 2020
daihatsu sigra 2020

New Daihatsu Sigra hadir pada 16 September 2019, dengan sejumlah pembaruan yang membuatnya lebih eye catchy.

Ubahan-ubahan di bagian eksterior mencakup pada penambahan garnish pada pintu belakang. Sementara kedua bumper kendaraan ini juga mendapat penyegaran desain. Mereka juga memberikan sentuhan minimalis pada grille.

Mobil LCGC (Low Cost and Green Car) ini telah dibekali fitur lampu LED di bagian depan. Ini merupakan inovasi baru yang disematkan pada sebuah kendaraan bertajuk mobil murah. Desain rumah lampunya juga cukup manis penempatannya dan terlihat serasi dengan grille.

Disebutkan bahwa new Daihatsu Sigra memiliki overhang depan yang lebih panjang 40 mm. Konfigurasi ini membuat ruang kabin depan terasa lebih luas. Masih di bagian eksterior, ADM menyematkan desain rumah-roda dan roda baru yang membuatnya terlihat lebih dinamis. Sigra saat ini juga telah dijejali Mudguard untuk menahan kotoran naik ke permukaan body.

Interior Daihatsu Sigra 2020
kabin sigra 2020

Masuk ke dalam kabin, Daihatsu Sigra terbaru menawarkan sejumlah sentuhan yang lebih menyegarkan. Selain menawarkan kapasitas 7-penumpang seperti telah dijelaskan di atas. Sigra juga dapat diandalkan untuk memuat barang lebih banyak dengan satu sentuhan jari.

Sebagai kendaraan modern, new Sigra menyediakan ruang penyimpanan untuk ponsel yang tengah diisi ulang baterainya. ADM kini menyematkan lampu pada deck di tuas transmisi sehingga memudahkan pengemudi memindahkan gigi.

Untuk penumpang belakang, kini new Sigra dilengkapi dengan cup holder sehingga praktis ketika melakukan perjalanan jauh. Pembaruan lainnya terdapat pada jok penumpang depan yang kini dilengkapi dengan tempat penyimpanan sepatu atau sandal.
interior sigra 2020

 

Masuk ke dalam kabin, mobil menawarkan sejumlah sentuhan yang lebih menyegarkan. Selain menawarkan kapasitas 7-penumpang seperti telah dijelaskan di atas. Sigra juga dapat diandalkan untuk memuat barang lebih banyak dengan satu sentuhan jari.

Mobil ini menyediakan ruang penyimpanan untuk Ponsel yang tengah diisi ulang baterainya. ADM kini menyematkan lampu pada deck di tuas transmisi sehingga memudahkan pengemudi memindahkan gigi.

Untuk para penumpang belakang, kini dilengkapi dengan cup holder sehingga praktis ketika melakukan perjalanan jauh. Pembaruan lainnya terdapat pada jok penumpang depan yang kini dilengkapi dengan tempat penyimpanan sepatu atau sandal.

Hadirnya bahan jok baru memberikan warna baru pada kabin. Ditambahkan dengan masuknya head unit 2 Din touchscreen yang memberikan nuansa baru dalam kabin sehingga tidak mudah bosan. Head unit tersebut menawarkan sejumlah fungsi seperti CD, MP3, USB, AUX, Bluetooth, dan Radio. Di dalam head unit tersebut juga telah terdapat fitur rear parking camera yang memudahkan manuver saat hendak parkir.

Pengendalian kendaraan juga lebih mudah dengan hadirnya fitur electric power steering. Adapun radius putar mobil mencapai 4.5 meter.

Untuk meningkatkan kenyamanan, AC dari blower depan disalurkan melalui air circulator yang berada di tengah kabin. Fitur ini menjaga suhu dalam kabin tetap adem, menyerupai penggunaan AC double blower.

Mesin Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra 2020 menyodorkan dua pilihan mesin yakni: 

  • 1.000 cc
  • 1.200 cc 

Mesin pertama kodenya 1KR-VE, DOHC VVT-I 3-silinder segaris 12-katup yang mampu menghasilkan daya maksimal 66 hp pada 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 87 Nm pada 4.400 rpm.

Opsi mesin berikutnya 1.200 cc dengan kode 3NR-VE DOHC Dual VVT-I dari Sigra konfigurasinya 4-silinder segaris 16-katup yang mampu menghasilkan daya 87 hp pada 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya 106 nm pada 4.200 rpm.

Sistem bahan bakar kendaraan ini telah menggunakan injeksi atau EFI yang membuatnya lebih baik meneguk cairan tanpa timbal. Sesuai aturan Pemerintah, kendaraan ini diwajibkan meminum bahan bakar jenis Pertamax atau RON 92. Sementara kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 36 liter.

Suspensi mobil mengandalkan MacPherson Strut untuk bagian depan. Sementara untuk belakang Semi Independent Torsion Axle Beam. Suspensi belakangnya diklaim telah mengalami penyegaran agar tidak ambles saat dimuat penuh penumpang atau barang. [Dew/Idr]

Berikut harga Daihatsu Sigra 2020:

1.0 D M/T MC

Rp 119,500,000

1.0 M M/T MC

Rp 129,900,000

1.2 X M/T DLC MC

Rp 144,750,000

1.2 X M/T MC

Rp 139,250,000

1.2 R M/T MC

Rp 145,650,000

1.2 X A/T DLX MC

Rp 157,550,000

1.2 X A/T MC

Rp 152,050,000

1.2 R A/T DLX MC

Rp 162,250,000

1.2 R A/T MC

Rp 158,450,000

1.2 R MT DLX MC

Rp 149.450.000

 

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar