Daihatsu Dompleng Toyota Jual Mobil Hybrid di Indonesia

Berita Otomotif

Daihatsu Dompleng Toyota Jual Mobil Hybrid di Indonesia

https://www.mobil123.com/berita/toyota-c-hr-sudah-bisa-dipesan-dengan-dp-rp-10-juta/49517

ALAM SUTERA – Daihatsu saat ini belum memiliki mobil hibrida di pasar global. Namun, mereka mengaku bisa saja membuatnya dan meluncurkannya di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi Toyota, setelah regulasi low carbon emissionn vehicle (LCEV) terbit.

Pemerintah memang berencana menciptakan dan membesarkan pasar mobil berbahan bakar alternatif melalui regulasi LCEV yang saat ini masih disusun. Peraturan yang antara lain berisi insentif pajak bagi mobil hibrida plus mobil listrik itu ditargetkan terbit tahun ini.

Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra membuka kemungkinan untuk ikut bermain di dalamnya walaupun kini belum punya kendaraan hibrida maupun listrik.

“Kami kan bagian dari grup Toyota. Toyota sudah punya banyak, jadi kami bisa tinggal ikut teknologi mereka saja,” kata Amelia pada Kamis (15/3/2018) di Alam Sutera, Tangerang, di tengah berlangsungnya acara Media Test Drive All-New Daihatsu Sirion.

Lebih lanjut, saling tukar teknologi dan sumber daya antara kedua pabrikan amat dimungkinkan setelah Toyota mengakuisisi secara penuh saham Daihatsu pada 2017.

“Sewaktu pertama kali merge 100 persen, diberitahukan bahwa Daihatsu akan digunakan Toyota untuk membuat mobil compact. Sementara Daihatsu akan memakai teknologi Toyota. Enggak usah bikin baru, dari yang sudah ada saja. Dari mobil hibrida dan mobil listrik apa yang ada, tinggal ikut saja,” papar Amelia.

Daihatsu sendiri belum memutuskan bakal memanfaatkan regulasi LCEV atau tidak.

“Tunggu saja. Pada dasarnya semua peraturan yang dikeluarkan pemerintah, kami sebagai agen pemegang merek akan merespons positif. Sampai sekarang, kan, regulasi LCEV belum keluar. Kami belum tahu seperti apa regulasinya. Kalau memang pemerintah mengharuskan ke arah sana, kami ikut saja,” tegas dia.

Berbicara soal teknologi kendaraan rendah emisi, Toyota lebih unggul dari Daihatsu. Salah satu pabrikan terbesar sejagad itu sudah memasarkan antara lain mobil hibrida Prius dan  C-HR di pasar global, juga mobil hidrogen Mirai.

Bahkan, C-HR sudah dipastikan bakal meluncur di Indonesia tahun ini. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual