Berkat Rocky, Orang Kaya di Indonesia Lebih Melirik Merek Daihatsu

Berita Otomotif

Berkat Rocky, Orang Kaya di Indonesia Lebih Melirik Merek Daihatsu

JAKARTA – Rocky boleh menjadi SUV termurah Daihatsu saat ini. Namun, sampai sekarang, hampir seluruh pembelinya diklaim Daihatsu bukan dari kalangan pemula, melainkan pembeli mobil tambahan atau mobil pengganti.

“Ini satu segmen baru bagi Daihatsu. Rasanya, kami harus lebih menyosialisasikan Rocky ini karena kami punya ‘mainan’ baru di segmen (konsumen) baru. Kami harapkan, kami bisa memperluas segmen. Biasanya, 60 persen konsumen Daihatsu itu adalah pembeli mobil pertama,” ucap Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7/2021) kemarin.

Daihatsu Rocky 1.0 Turbo dan Daihatsu Rocky 1.2

Rocky meluncur di Indonesia pertama kali pada 30 April 2021, dimulai dengan tipe-tipe bermesin bensin 1.0-liter turbo dan berfitur canggih Advanced Safety Assist (ASA). Meski punya teknologi kekinian, harganya masih tak jauh dari Rp200 jutaan.

Kemudian menyusul tipe-tipe Rocky bermesin bensin 1.2-liter yang lebih murah dan tanpa fitur ASA, pada 17 Juni 2021,.

Penjualan retail Rocky hingga Juni 2021, menurut data dari Daihatsu, berjumlah 838 unit. Sekitar 90 persennya masih dikontribusikan oleh tipe-tipe teratas Rocky 1.0-liter turbo.

“Pembeli pertama pasti (tipe) yang atas. Mereka banyak duit, siap uangnya, tak terpengaruh apa-apa, dan setiap saat bisa melakukan pembelian. Untuk tipe Rocky yang punya ASA itu (berkontribusi) sekitar 20 persen,” papar Hendrayadi.

Daihatsu Rocky

Fenomena ini, lanjutnya, sebenarnya sudah Daihatsu prediksi sebelumnya. Namun, kenyataannya melebihi ekspektasi semula karena kontribusi tipe dengan ASA tadinya diprediksi hanya 5 persen.

“Rocky ini sejak awal kami prediksi bahwa dengan harga Rp200 jutaan bukan menjadi main car (mobil utama) tapi mobil tambahan atau mobil pengganti. Kami mengistilahkannya additional car buyer atau ACB dan replacement car buyer atau RCB. Surveynya (setelah meluncur) benar seperti itu…. Mereka biasanya membelikan kepada anak-anaknya yang kuliah. Tapi segmennya menengah-menengah ke atas,” papar Hendrayadi.

“Segmen ini agak berbeda dengan segmennya Xenia dan Terios karena dua itu jelas 7-seater (berkapasitas 7 penumpang). Lebih banyak first car buyer (pembeli mobil pertama/FCB) dan menjadi mobil utama,” tambah dia. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar