Uji Emisi Segera Diwajibkan, ini Biayanya di Bengkel Resmi Daihatsu

Berita Otomotif

Uji Emisi Segera Diwajibkan, ini Biayanya di Bengkel Resmi Daihatsu

JAKARTA – Aturan uji emisi kendaraan di Jakarta sebentar lagi berlaku. Bengkel resmi Daihatsu pun menyediakan fasilitas tersebut bagi para konsumen mereka.

Mulai 24 Januari 2021, setiap mobil maupun sepeda motor yang teregistrasi di Jakarta wajib melakukan uji emisi secara rutin minimal setahun sekali. Ada dua sanksi yang bakal dikenakan kepada pemilik kendaraan yang mangkir dari keharusan tersebut atau tidak berhasil memenuhi standar polusi yang ditetapkan.

Sebelumnya diberitakan bahwa bengkel resmi Toyota Auto2000 di Ibu Kota menyediakan fasilitas tersebut. Daiharsu, melalui keterangan resmi pada Rabu (20/1/2021), mengumumkan bahwa bengkel resmi mereka di Jakarta juga mampu melakukannya dan telah pula memenuhi segala persyaratan administratif dari Pemerintah Provinsi.

Sama dengan Auto2000, pemilik kendaraan yang melakukan pengujian emisi di bengkel resmi Daihatsu sembari menjalani perawatan rutin tidak dikenakan biaya sama sekali. Akan tetapi, bagi yang datang khusus untuk uji emisi saja, ada tarif yang mesti dibayar.


Besaran biayanya sendiri sedikit berbeda dengan bengkel Toyota Auto2000. Daihatsu sedikit lebih mahal.

“Bagi Sahabat yang melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Daihatsu, bisa langsung uji emisi kendaraannya secara gratis. Namun, Daihatsu juga melayani Sahabat yang hanya ingin melakukan uji emisi saja, dengan cukup membayar Rp165.000 (sudah termasuk PPN). Sahabat akan mendapatkan sertifikat lulus uji emisi yang terdaftar resmi, dan dapat dicek pada aplikasi e-Uji Emisi,” ujar Ratno Yunanto, Service Department Head PT. Astra International Daihatsu Sales Operation (AI – DSO).

Prosesnya tak terlalu lama. Konsumen hanya perlu menunggu pengetesan emisi gas buang selama sekitar 25 menit saja.

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898. Bisa pula mengunjungi situs www.astra-daihatsu.id.

Pada kesempatan yang sama pabrikan asal Jepang yang menjadi ‘adik’ Toyota ini juga mengingatkan agar para konsumen selalu merawat kendaraan mereka demi selalu memenuhi standar dalam uji emisi. Perawatan yang harus dijalani pun sebenarnya tak sulit.

“Untuk menjaga kendaraan tetap prima dan emisi gas buang sesuai batas aman  cukup mudah yaitu lakukan perawatan mesin secara berkala dan menggunakan bahan bakar sesuai spesifikasi mesin kendaraan,” pungkas I Wayan Wijaya, Workshop Operational Section Head AI-DSO. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar