Aturan Terbit, Dealer Disebut Sudah Perpanjang Lagi Diskon PPnBM 100%

Berita Otomotif

Aturan Terbit, Dealer Disebut Sudah Perpanjang Lagi Diskon PPnBM 100%

JAKARTA – Bocoran dari asosiasi pabrikan mengatakan aturan perpanjangan insentif alias diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) 100 persen sudah diteken Menteri Keuangan dan bisa dijalankan.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyebut jaringan diler dari merek-merek yang mendapatkan stimulus pemerintah sudah mengembalikan lagi harga ke versi diskon PPnBM 100 persen.

“Sudah ditandatangani kemarin sore, tepatnya 30 Juni 2021,” ucap dia,  Jumat (2/7/2021) pagi via sambungan telepon.

Seperti diketahui, awalnya periode diskon PPnBM 100 persen dari pemerintah untuk mobil-mobil 1.500 cc ke bawah adalah Maret-Mei tahun ini. Namun, masa berlakunya diperpanjang sampai Agustus mendatang.

ilustrasi dealer mobil dengan diskon PPnBM 100 persen

Adapun periode diskon PPnBM 50 persen yang awalnya pada Juni - Agustus dan diskon PPnBM 25 persen pada September-Desember, sebagai dampaknya, juga mengalami revisi.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, salinan halus PMK mengenai perpanjangan insentif PPnBM belum diunggah di situs web resmi Kementerian Keuangan hingga Jumat pagi. Namun, Nangoi memastikan bahwa Gaikindo beserta para anggota sudah menerimanya.

“Yang penting, itu (PMK) sudah keluar, sudah dikomunikasikan dengan perindustrian, dan kami dari pelaku bisnis sudah mendapatkan copy-nya dan kami sudah menjalankannya di lapangan. Pokoknya harga sudah kembali normal (ke diskon PPnBM 100 persen—Red). Setahu saya kalau ada yang beli sebelum penerapan aturan ini, perbedaan harga tentunya akan dikembalikan oleh pelaku bisnis itu,” papar dia.

Insentif PPnBM diberikan demi mendongkrak daya beli pasar roda empat nasional di tengah pandemi Covid-19. Awalnya, kebijakan hanya ditujukan kepada mobil-mobil rakitan lokal 1.500 cc ke bawah mulai Maret-Desember.

Saat ini secara total ada 23 model yang berhak mendapatkannya karena memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sekurang-kurangnya 60 persen.

Mitsubishi Xpander dapat diskon PPnBM 100 persen

Mulai April, insentif PPnBM diperluas ke mobil-mobil rakitan lokal 1.501 – 2.500 cc. Hanya saja, persyaratan detail maupun tahapan besaran insentifnya berbeda.

Dengan insentif ini, Gaikindo menargetkan penjualan mobil baru 2021 mencapai 750 ribu unit meski pandemi Covid-19 masih melanda, naik dari realisasi pada 2020 yang mencapai 532.027 unit. Namun, pabrikan-pabrikan ada yang yakin penjualan bisa menyentuh 800 – 850 ribu unit. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar